Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

 

Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Istilah rekayasa perangkat lunak mungkin sudah sering kamu dengar, mulai duduk dibangku SMK atau ketika masuk perkuliahan. Jadi, rekayasa perangkat lunak ini fokus pada praktek dan teknologi untuk bisa meningkatkan produktivitas pengembangan software developer dan kualitas aplikasi yang digunakan. Bahkan saat ini Perkembangan rekayasa perangkat lunak sudah banyak dirasakan. 

Rekayasa perangkat lunak atau RPL dapat didefinisikan sebagai profesi yang didalami dengan mengembangkan Sebuah software atau perangkat lunak mulai dari proses pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan software tersebut, hingga manajemen kualitas perangkat lunak.

Dalam jurusan RPL, ada berbagai macam kriteria yang akan digunakan sebagai acuan untuk proses pembuatan. Beberapa acuan tersebut bisa diketahui dari proses perawatan dan pemeliharaan, perkembangan teknologi, dan lain sebagainya. 

Rekayasa perangkat lunak atau software engineering merupakan bidang yang berhubungan dengan perancangan, penerapan, dan modifikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kegunaan, pemeliharaan, dan kecepatan pembuatannya.

Cakupan rekayasa perangkat lunak meliputi semua apspek, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, cooding, pengujian, hingga pemeliharaan sistem setelah digunakan (maintenance).

Jadi, rekayasa perangkat lunak tak hanya berhubungan dengan pembuatan progam komputer, tetapi juga berhubungan dengan manajemen proyek, prekrutan personil, perhitungan biaya, metode, pengaturan jadwal, kontrol kualitas, dan pemberian pelatihan pada pengguna.

Sejarah Menarik Rekayasa Perangkat Lunak

Memahami tentang rekayasa perangkat lunak, kamu juga harus mengetahui sejarah perkembangannya. Sejarah dari RPL ini mulai digunakan pada pengembangan perangkat lunak di tahun 1968. Pada tahun tersebut konferensi tentang perangkat lunak diselenggarakan dari sponsori oleh komite sains NATO. Konferensi tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan rekayasa perangkat lunak.

Jadi, pada tahun 1960 - 1980, ada berbagai macam masalah yang ditemukan oleh praktisi pengembangan perangkat lunak. Pada saat itu krisis perangkat lunak terjadi karena banyaknya proyek yang gagal dilakukan. Kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi dikarenakan berbagai macam Project tersebut melebihi anggaran dan mengakibatkan kerusakan fisik serta menyebabkan kematian.

Salah satu kasus yang paling terkenal dari kegagalan pengembangan perangkat lunak adalah meledaknya sebuah roket bernama Ariane. Berbagai macam teknik dan metode terus dikembangkan untuk bisa mengatasi krisis.

Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Melalui rekayasa perangkat lunak, sebuah komputer dapat menjalankan perintah sesuai dengan keinginan para penggunanya. Faktor kunci dalam keberhasilan usaha bisa ditentukan melalui kualitas Kemampuan sebuah perangkat lunak untuk mendukung bisnis atau bahkan membedakan satu perusahaan dari perusahaan lainnya. 

Bisa dilihat bahwa perkembangan dari rekayasa perangkat lunak ini sudah berjalan sangat cepat, seperti berikut;

Era Pinonir

Pertama pada era pertama atau era pinonir, dimulai dari beberapa perkembangan seperti berikut;

  • Batch Orientation, Sebuah orientasi dimana proses yang dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu atau dilakukan setelah data terkumpul. Lawan dari batch adalah online atau interaktif proses. Keuntungan dari Interactive mendapatkan data melalui uptodate.

  • Limited Distribution, Selanjutnya ada limited distribution yaitu penyebaran software terbatas pada beberapa perusahaan tertentu. 

  • Customer software, dikembangkan berdasarkan kebutuhan perusahaan tertentu. 

Jadi tahapan tersebut sudah dirasakan pada era pertama perkembangan RPL.

Era Stabil

Setelah menyelesaikan era pinonir, Selanjutnya masuk pada era stabil atau era kedua. Mampu menghasilkan beberapa perkembangan RPL, seperti berikut;

  • Multi user dimana sistem komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama 

  • Real Time merupakan sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai macam sumber, mengontrol proses dan mampu menghasilkan output dalam mili second.

  • Database perkembangan pesat dari alat penyimpanan data secara online dan mampu menyebabkan generasi pertama database management system.

  • Product software merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas. 

Pada tahapan kedua ini, RPL mulai menyebar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Era Mikro

Selanjutnya masuk pada era mikro atau era ketiga dengan perkembangan seperti berikut;

  • Distributed system merupakan sistem yang diterapkan pada komputer induk atau host komputer, daerah maupun bidang lainnya juga memiliki komputer yang kurang lebih kecil daripada komputer induk. 

  • Embedded intelligence, Suatu produk yang diberikan tambahan intelegent dan biasanya ditambahkan pada mikroprosesor yang mutakhir. Contohnya adalah automobili, robot rumah peralatan diagnostik serum darah. 

  • Low Cost hardware, Harga hardware semakin rendah dikarenakan munculnya personal computer 

  • Consumer infact, dimana ada perkembangan komputer murah dan menyebabkan banyaknya software yang terus berkembang. Software ini mampu memberikan dampak yang besar terhadap masyarakat.

Perkembangan lebih mengarah pada sesuatu yang modern dan terus dikembangkan oleh ahli RPL.

Era Modern

Masuk pada era modern, ada berbagai macam perkembangan yang bisa dirasakan dalam bidang rekayasa perangkat lunak seperti berikut;

  • Expert System, Suatu penerapan pada bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi dan lain sebagainya. 

  • Al Machine, merupakan mesin yang dapat meniru kerja sebagian otak manusia, seperti mesin robot, papan catur, dan lain sebagainya.

  • Parallel Architecture, Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja lampu paralel dengan adanya  proses processor tersebut berada dalam satu komputer.

Perkembangan tersebut masih dinikmati hasilnya oleh banyak masyarakat luas saat ini. Kecanggihan teknologi tidak lepas dari keberhasilan proses rekayasa perangkat lunak. 

Sejarah Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Perkembangan rekayasa perangkat lunak tentu saja terkait erat dengan perkembangan tekhnologi komputer, terutama yang berhubungan dengan konsep pemrograman. 

Perkembangan itu diawali pada tahun 1940-an ketika pengguna mulai dimungkinkan untuk menuliskan langsung kode pemrograman pada sistem komputer. Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1950-an yang ditandai dengan muncul dan berkembangnya interpreter dan compiler serta bahasa MACRO.

Pada Periode 1960-an, muncul konsep sotware engineering atau yang sekarang ini dipahami sebagai konsep rekayasa perangkat lunak seiring mulai diproduksinya komputer mainframe untuk kepentingan komersial. 

Pada periode selanjutnya yaitu tahun 1970-an, minicomputer mulai diproduksi untuk kepentingan komersial. Hal ini diikuti dengan berkembangnya industri perangkat lunak.

pada periode 1980-an, komputer pribadi atau personal computer (PC) atau microcomputer mulai diproduksi untuk kepentingan komersial. Hall ini diikuti dengan makin meningkatnya permintaan perangkat lunak.

Pada periode 1990-an muncul konsep pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming (OOP).

periode ini juga ditandai dengan meningkatnnya kapasitas memori komputer dan media penyimpanan. Perkembangan tekhnologi internet yang sangat pesat juga mewarnai perkembangan tekhnologi perangkat lunak. 

Pada periode 2000-an, berkembang konsep pemrograman dengan platform interpreter modern spserti java,.net(dibaca dot net), an PHP. Berkembang pesat pula mobile programming, yaitu pemrograman pada perangkat handphone dan PDA.

Penutup

Perkembangan rekayasa perangkat lunak akan terus berjalan karena adanya kecanggihan teknologi. Melalui rekayasa perangkat lunak, saat ini kamu sudah bisa menikmati berbagai macam aplikasi atau software yang bisa membantu untuk mempermudah tugas dalam berbagai macam bidang. 

Posting Komentar untuk "Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak"