Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional
Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional Bismillah, kabar baik kali ini mengenai nilai rapor pendidikan yang sudah bisa dilihat oleh satuan pendidikan pelaksana Asesmen Nasional tahun 2021. Dikutip dari web rapor kemendikbud, Rapor Pendidikan merupakan penyempurnaan dari Rapor Mutu yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah. Data ini didapat dari berbagai asesmen atau survey nasional, dan berfungsi sebagai bahan refleksi serta dasar perencanaan untuk peningkatan kualitas. Dengan demikian Rapor mutu pendidikan atau dikenal dengan PMP resmi dihapus, digantikan dengan rapor Asesmen nasional ini.

Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional

Nilai rapor Asesmen Nasional 2022

Mutu Hasil Belajar Peserta Didik

sahabat edukasi, Sebelum lanjut ke panduan cek rapor Asesmen nasional, berikut Ringkasan Kualitas Pendidikan Satuan Pendidikan sebagai informasi

Kemampuan Literasi

Sebagian besar peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk literasi membaca namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik menjadi mahir.

Kemampuan Numerasi

Sekitar 50% peserta didik telah mencapai batas kompetensi minimum untuk numerasi.

Indeks Karakter

Peserta didik telah menyadari pentingnya nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global, namun masih perlu dukungan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Iklim Keamanan

Satuan pendidikan memiliki lingkungan sekolah yang aman, terlihat dari kesejahteraan psikologis yang baik dan rendahnya kasus perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Satuan pendidikan dapat mempertahankan kualitas warga sekolah dalam mencegah dan menangani kasus untuk menciptakan iklim keamanan di lingkungan sekolah.

Kesetaraan Gender

Satuan Pendidikan mendukung kesetaraan hak-hak sipil antar kelompok gender. Dukungan tersebut seringkali didasari oleh alasan pragmatis dan cenderung bersifat pasif.

Kebinekaan

Satuan pendidikan mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya; mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, budaya, dan gender; memperkuat nasionalisme.

Iklim Inklusivitas

Satuan pendidikan mulai mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menyediakan layanan yang ramah bagi peserta didik dengan disabilitas dan cerdas berbakat istimewa.

Bagaimana cara menilai kualitas pendidikan satuan pendidikan?

Kualitas pendidikan merupakan sebuah output yang dipengaruhi oleh proses pembelajaran di satuan pendidikan. Proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik jika didukung oleh input SDM dan sumber daya satuan pendidikan yang mumpuni.

Setelah Anda mengetahui gambaran umum kualitas satuan pendidikan Anda, mari pelajari lebih lanjut data penjabaran dari masing-masing indikator.

Langkah-langkah cek rapor pendidikan

Bagi sekolah yang ingin mengecek bahkan mengunduh nilai rapor pendidikan asesmen nasional bisa mengikuti langkah-langkah singkat dibawah !

  1. Kunjungi web cek rapor pendidikan di link berikut : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app, tunggu proses sampai laman terbuka sempurna.
  2. Pada laman utama klik tombol “Masuk dengan akun belajar.id” warna biru.
  3. Login dengan akun admin belajar.id yakni : kepala Sekolah atau tenaga kependidikan, bukan akun guru).
  4. Ringkasan Kualitas Pendidikan Satuan Pendidikan akan tampil. Anda bisa melihat satu persatu nilai rapor sekolah anda seperti tampilan sebelumnya.
  5. Download atau unduh rapor excel silahkan klik tombol “unduh” kemudian di laman selanjutnya, klik lagi unduh dan file excel rapor akan terunduh otomatis.

Nah itulah beberapa Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional. Semoga dengan adanya Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional ini dapat membantu  ibu bapak guru. Salam guru hebat.

Posting Komentar untuk "Cara Cek dan Download Rapor Pendidikan Hasil Asesmen Nasional"