Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FAKTA PENTING JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN

 

FAKTA PENTING JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN

Udah pasti kenal kan sama buah yang satu ini, yah Jambu Biji namanya. Penasaran bukan sama 2 fakta penting dari buah ini untuk kesehatan tubuh kita? Apa aja? Pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita itu apa saja? 

Nah daripada makin banyak pertanyaan nih, yuk simak aja posting kali ini. 

Jambu biji memang sudah terkenal akan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah maksud dari 2 fakta penting jambu biji ini adalah buah jambu biji sendiri dan daun jambu biji. 

Keduanya itu ternyata memiliki kandungan khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Disini bakal kita kupas satu persatu. 

Kandungan gizi buah jambu biji

Jambu biji, atau dengan nama latin Psidium guajava, adalah buah trpois asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Buah ini memiliki warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah berwarna merah muda atau putih. Pada bagian tengah, terdapat banyak biji yang berukuran kecil. Hal ini membuat buah ini terkenal dengan sebutan jambu biji di Indonesia.

Konsumsi buah jambu biji, terutama yang berwarna merah, biasanya dalam bentuk jus. Namun, buah ini juga bisa Anda makan langsung sebagai camilan sehat sehari-hari.

Meski demikian, apapun bentuk konsumsinya, buah jambu biji, baik merah maupun putih, sama-sama memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun mengenal kandungan nutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda sehari-hari.

Berikut adalah kandungan gizi yang tersimpan pada tiap 100 gram buah jambu biji berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia:

  • Air: 86 gram
  • Energi: 49 kal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 12,2 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Abu: 0,6 gram
  • Kalsium: 14 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat besi: 1,1 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 52,8 g
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Seng (zinc): 0,3 mg
  • Beta karoten: 27 mcg
  • Karoten total: 25 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,02 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin: 0,8 mg
  • Vitamin C: 87 mg

Selain nutrisi di atas, buah jambu biji juga mengandung jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A dan folat (vitamin B9). Sementara itu, kandungan karoten di dalam buah jambu biji adalah likopen, yang merupakan senyawa pemberi warna merah pada buah.

Dilansir dari Food Insight, likopen merupakan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Adapun radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti kanker atau penyakit kardiovaskular.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah Kanker 

Manfaat jambu biji yang satu ini didasarkan atas salah satu kandungan di dalam jambu biji, dimana mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut meliputi flavonid dan fitronutrien. Tak hanya itu, buah jambu ini juga terkandung vitamin c dengan kadar tinggi sehingga dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. 

2. Dapat Menyehatkan Kulit 

Di dalam buah jambu terdapat kandungan vitamin A dan mampu mengeluarkan antioksidan yang dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan segar. 

3. Dapat Menjaga & Mendukung Kesehatan Mata

Seperti manfaat jambu biji yang poin kedua, karena buah jambu mengandung vitamin A di dalamnya. 

4. Dapat Meningkatkan Sistem Pencernaan

Khasiat jambu biji yang satu ini disebabkan karena di dalamnya terkandung lycopene yangs sangat baik dapat membantu sistem pencernaan kita. 

5. Dapat Mencegah Proses Penuaan Diri 

Antioksidan yang terkandung di dalam buah jambu ini tak hanya berfungsi untuk menetralkan radikal bebas tetapi juga membantu mencegah terjadinya stress oksidatif dimana stress ini penyebab penuaan diri. 

Sedangkan daun jambu memiliki khasiat baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan;

Berikut manfaat daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Dapat mengontrol kolesterol 

2. Dapat mengatasi diare 

3. Memengaruhi kardiovaskuler

4. Dapat mengatasi diabetes

Manfaat jambu biji merah untuk kesehatan

Manfaat jambu biji bertopang dari kandungannya, termasuk vitamin A, vitamin C, kalium, dan zat-zat antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.

Rasanya yang manis, tekstur yang renyah, serta kemudahan dalam mendapatkannya membuat jambu biji menjadi favorit banyak orang. Ini khasiat jambu biji yang mungkin tak Anda sangka:

1. Mendukung penurunan berat badan

Semua orang pastinya ingin meraih berat badan yang ideal. Mengonsumsi jambu biji dapat membantu perjalanan Anda dalam mencapai body goals yang diinginkan.

Manfaat jambu biji untuk diet menurunkan berat badan terletak pada kalorinya yang rendah.

Tidak hanya berkalori rendah, jambu biji juga berserat tinggi dan membuat cepat kenyang. Anda dapat mengonsumsi buah jambu biji sebagai camilan Anda.

2. Meringankan nyeri haid

Nyeri haid pada wanita kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Konsumsi ekstrak daun jambu biji ditemukan mampu meringankan rasa nyeri saat sedang menstruasi.

Khasiat jambu biji merah dalam menanggulangi nyeri haid ditemukan pada studi ini. Hasilnya mendapati bahwa pemberian ekstrak daun jambu biji sebanyak enam miligram per hari mampu menurunkan rasa sakit akibat menstruasi melebihi obat antinyeri.

3. Mengatasi diare

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah mengatasi diare. Namun, khasiat jambu biji merah dalam mengobati diare terletak pada bagian daunnya.

Ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi dari diare serta mengandung antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab diare.

4. Berpotensi mengobati kanker

Khasiat jambu biji yang cukup mencengangkan adalah berfungsi sebagai obat antikanker.

Manfaat jambu biji merah ini ditemukan pada bagian daunnya yang dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menelusuri khasiat jambu biji sebagai obat antikanker.

5. Menurunkan tekanan darah

Jambu biji juga mengandung antioksidan dan diyakini mampu menurunkan risiko tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa jambu biji dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Serupa dengan jus jambu berguna untuk mengobati kanker, potensi jambu biji merah dalam menanggulangi hipertensi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C dalam jambu biji baik untuk dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh. Jambu biji bukan hanya bisa dijadikan sumber serat, tetapi juga sumber vitamin C.

Selain itu, manfaat jus jambu merah dalam menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berasal dari kandungan vitamin C-nya, tapi juga dari kandungan antimikroba yang mampu melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

7. Menanggulangi demam berdarah

Khasiat jambu biji dalam menanggulangi demam berdarah terletak pada kandungan tanin, flavonoid, dan vitamin C yang membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh, menaikkan daya tahan tubuh, dan mengurangi risiko penyebaran virus demam berdarah dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan kulit

Ingin terlihat menawan dan awet muda? Anda dapat mempertimbangkan mengonsumsi jambu biji. Manfaat jambu biji merah untuk kecantikan adalah melindungi kulit melalui kandungan vitamin dan antioksidannya yang dapat mencegah penuaan dini serta mencegah keriput.

Selain itu, Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan daun jambu biji yang memiliki senyawa antiradang dan antimikroba.

Namun, studi tambahan masih dibutuhkan untuk melihat lebih jauh khasiat jambu biji terhadap kulit.

9. Menurunkan kadar gula darah

Khasiat jambu biji merah dalam menurunkan kadar gula darah berasal dari daunnya. Daun jambu biji ditemukan dapat menjaga gula darah dan dinilai efektif untuk pengobatan diabetes tipe 2 pada tikus .

Daun jambu biji yang dijadikan teh ternyata juga efektif dalam menurunkan gula darah pada penderita gejala diabetes.

10. Tinggi serat yang baik untuk pencernaan

Bingung makanan apa yang berserat tinggi? Jambu biji adalah salah satu solusinya! Buah jambu biji merah memiliki kandungan serat tinggi yang mampu mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan, juga menyimpan manfaat sebagai camilan diet. Jus jambu merah juga boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan tidak menyebabkan magh.

11. Meningkatkan kesehatan jantung

Jambu biji merah bukan buah jambu biasa karena bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan melindungi dari radikal bebas dan menurunkan kolesterol jahat.

Studi menemukan bahwa terdapat penurunan kolesterol pada tikus yang diberikan jambu biji merah.

12. Meringankan gejala osteoarthritis

Gejala osteoarthritis dapat diringankan dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji.

Pada sebuah penelitian, manfaat jambu biji merah dalam mengatasi gejala osteoarthritis ditemukan dapat melindungi jaringan tulang rawan pada tikus yang menderita osteoartritis.

Namun, riset terhadap manfaat jambu biji terhadap osteoarthritis pada manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

13. Mengobati flu

Flu adalah salah satu ‘penyakit langganan’ yang sering menjangkiti masyarakat. Manfaat jambu biji merah dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi flu. Penelitian menunjukkan bahwa teh jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus flu. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat manfaat jambu biji untuk mengobati flu.

14. Meredakan batuk

Sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Ethnopharmacology menyatakan, daun jambu mengandung senyawa anti-batuk dan antimikroba. Jadi tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi juga daunnya.

15. Meningkatkan kesehatan mulut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jambu adalah buah yang serba guna. Sebab, tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tapi juga daunnya.

Dipercaya, ekstrak daun jambu dipercaya dapat menghilangkan plak pada gigi. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jambu ini.

16. Baik untuk otak

Manfaat jambu biji selanjutnya ialah baik untuk kesehatan otak. Sebab, buah yang rasanya lezat ini mengandung vitamin B3 dan vitamin B6 yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Hal ini diyakini mampu merangsang fungsi kognitif dan membuat saraf menjadi rileks.

Manfaat daun jambu biji untuk kecantikan:

1. Dapat mengobati jerawat dan bintik hitam. 

Nah kalau ini cocok banget buat kalian yang mau bebas jerawat atau bintik hitam, bisa nih diterapkan menggunakan daun jambu ini. Hal ini disebabkan karena di buah jambu terdapat kandungan antiseptic yang dapat membunuh bakteri dimana bakteri itulah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Dapat meredakan gatal-gatal

Hal ini disebabkan karena mengandung alergi memblokir senyawa sehingga dapat dijadikan sebagai obat instan untuk menghilangkan gatal gatal. 

3. Dapat mengobati rambut rontok 

Nah itulah manfaat jambu biji dan manfaat daun jambu biji, masih ragu dengan khasiat jambu biji ini? enggak kan yaa, yuk mulai rawatlah kesehatan kita. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "FAKTA PENTING JAMBU BIJI UNTUK KESEHATAN"