Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Produktif TKJ Kelas 10

Soal Latihan Produktif TKJ Kelas 10
Soal TKJ Kelas 10

Soal latihan produktif tkj kelas X atau kelas 10 jurusan teknik komputer jaringan, untuk siswa-siswa yang baru mengenal tkj dalam semester awal dan bisa belajar melalui soal-soal pilihan ganda maupun essay dibawah ini dan bagi guru sebagai bahan referensi untuk penbuatan soal latihan soal produktif tkj (teknik komputer dan jaringan) dan bisa juga untuk produktif mm (multimedia) maupun rpl (rekayasa perangkat lunak). Dibawah ini adalah contoh soal jurusan tkj (teknik komputer jaringan).

SOAL KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

1. Sebutkan 5 Perangkat Keras (Hardware) Pada Komputer!

Jawaban: - Monitor, Keyboard, Mouse, Cpu, DVD Drive

2. Sebutkan 3 Sistem Operasi Komputer Yang Kamu Ketahui

Jawaban: Windows, Linux, Mac OS

3. Sebutkan jenis-jenis topologi jaringan komputer yang anda ketahui

Jawaban: Topologi BUS, Taplogi Ring, Tapologi Star, Tapologi Tree, Tapologi Mesh

4. Dalam menghubungkan antar komputer, dibutuhkan suatu peripheral yaitu NIC (Network Interface Card). Jelaskan pengertian NIC!

Jawaban: Kartu jaringan NIC atau juga network card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis.

5. Sebutkan software untuk bantuan windows 2000 server supaya bisa membuat client tanpa hardisk (cloning)

Jawaban: Citrix 1.8, Norton ghost.

6. Sebutkan urutan kabel UTP tipe straight

Jawaban: Urutan kabel UTP Straight.:

> Orange

> Orange putih

> Hijau

> Putih Biru

> Biru

> Putih Hijau

> Coklat

> Putih Coklat

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan LAN, MAN dan WAN!

Jawaban :

>LAN adalah Local Area Network. LAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang menghubungkan komputer – komputer di dalam satu ruangan at gedung.

>MAN adalah Metropolitan Area Network. MAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang menghubungkan komputer – komputer yang berada di sebuah kota atau juga di sebuah negara.

>WAN adalah Wide Area Network. WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang menghubungkan komputer – komputer yang ada di dunia.

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan IP Address dan fungsinya pada jaringan komputer!

Jawaban: (Internet Protocol) IP address adalah suatu alamat dari suatu komputer yang berfungsi menghubungkan komputer itu kepada jaringan internet.

9. Sebutkan 4 contoh perangkat input dan 5 contoh perangkat output!

Jawaban : 

Perangkat input: Keyboard, Mouse, Scanner, Microphone

Perangkat output: Monitor, Printer, Speaker, Headphone

10. Jelaskan Perbedaan switch dan Hub

Jawaban: 

> Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.

> Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan nama repeater)

SOAL SISTEM KOMPUTER

1. Jelaskan yang dimaksud dengan perangkat eksternal pada komputer ?

Jawab: Perangkat eksternal yaitu perangkat tambahan yang fungsinya sama seperti perangkat internal.

2. Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori ? Sebutkan!

Jawab: Human Readable, Machine Readable, Communication

3. Jelaskan pengertian dari Machine Readable ?

Jawab: yaitu perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atausistem.cocok untuk berkomunikasi dengan peralatan.

4. Perangkat peripheral adalah ..

Jawab: Perangkat eksternal yang dihubungkan dengan modul I/O disebut ?

5. Jelaskan tujuan dari Communication !

Jawab: agar data yang dikirimkan dapat ditafsirkan (dimengerti) oleh penerima dengan tepat dan benar.

6. Sebutkan fungsi sinkronisasi!

Jawab: Agar penerima mengetahui dengan tepat dan benar apakah sinyal yang diterima merupakan bit dari suatu data (sinkronisasi bit). Agar penerima mengetahui dengan tepat bit data (data bit) yang membentuk sebuah karakter (sinkronisasi karakter).

7. Sebutkan kelebihan perangkat eksternal !

Jawab: Lebih hemat tempat, Harga lebih ekonomis dari pada internal, Tidak memerlukan adaptor.

8. Sebutkan apa saja yang termasuk perangkat eksternal ?

Jawab: Harddisk eksternal, flashdisk/USB, Modem, Keyboard,dll

9. Apa perbedaan pernagkat eksternal dan internal ?

Jawab: 

Eksternal: Harga murah,bersfat non volatile, kecepatan akses lebih tinggi. Internal : Harga mahal, bersifat volatile, Kecepatan akses data lebih lambat.

10. Jelaskan apa itu Human readable dan berikan contohnya ?

Jawab: Perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer. Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer. Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.

SOAL PEMROGAMAN DASAR

1. apa yang dimaksud konsep dasar pemrograman dan apa konsep dasarnya serta kembangkan

Jawab: Pemrograman diartikan proses, cara, perbuatan program.

Konsep dasarnya :: Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya adalah IPO (Input Proses Output)

Pengembangannya menjadi : Originating -> input -> proses -> Output -> Distribution

2. Apa itu Pseude code dan contohnya

Jawaban: Pseudo berarti imitasi dan code berarti kode yang dihubungkan dengan instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer (kode bahasa pemrograman).

Dan ini adalah contohnya

1. Bentuk

2. Bentuk Percabangan

3. Bentuk Perulangan

3. apa yang dimaksud dengan logika ???

Jawaban : Secara etimologis, logika adalah istilah yang dibentuk dari kata logikos yang berasal dari kata benda logos. Kata logos, berarti sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, atau ungkapan lewat bahasa

4. jelaskan definisi flowchart dan contoh jenisnya

Jawaban : lowchart atau Bagan alir adalah bagan  (chart) yang menunjukkan alir  (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.

Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:

- Bagan alir sistem (systems flowchart).

- Bagan alir dokumen (document flowchart).

- Bagan alir skematik (schematic flowchart).

- Bagan alir program (program flowchart).

- Bagan alir proses (process flowchart).

5. Definisikan apa yg dimaksud algoritma

Jawaban : Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

6. pengertian dari array dua dimensi dan Array adalah….

Jawaban : Array atau bisa disebut sebagai larik adalah koleksi data atau kumpulan data yang memiliki nama variable dan jenis tipe data yang sama dan memiliki index, index tersebut digunakan untuk mengakses (baca/tulis) elemen atau isi array tersebut. Pengertian Array dua dimensi adalah kumpulan data yang memiliki nama dan tipe data yang sama dimana elemennya dapat diakses menggunakan 2 buah index, bisa juga disebut sebagai index baris dan index kolom.

7. Definisi struktur kontrol percabangan dalam pemrograman…..

Jawaban : Struktur Kontrol Pecabangan merupakan suatu algoritma program memiliki suatu kondisi yang dimana kondisi tersebutlah yang akan menentukan perintah-perintah yang akan dijalankan oleh suatu program.

8. Definisikan struktur kontrol perulangan dalam pemrograman dan sebutkan contohnya ?

Jawaban : Struktur Kontrol Perulangan digunakan apabila ada suatu fungsi dari program akan dijalankan secara berulang-ulang Perulangan For, Perulangan while, Perulangan do-while

9. jelaskan Definisi struktur kontrol percabangan dalam pemrograman

Jawaban : Struktur Kontrol Pecabangan merupakan suatu algoritma program memiliki suatu kondisi yang dimana kondisi tersebutlah yang akan menentukan perintah-perintah yang akan dijalankan oleh suatu program.

10. apa Pengertian fungs I dan sebutkan tujuannya adalah ?

Jawaban : Fungsi adalah satu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau satu blok instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program.

- Memudahkan dalam pembuatan program.

- Menghemat ukuran program.

- Keuntungan memakai fungsi :

- Menguraikan tugas pemrograman rumit menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana atau kecil.

- Mengurangi duplikasi kode (kode yang sama ditulis berulang-ulang) dalam program.

- Dapat menggunakan kode yang ditulis dalam berbagai program yang berbeda.

- Memecah program besar menjadi kecil sehingga dapat dikerjakan oleh programmer - programmer atau dipecah menjadi beberapa tahap sehingga mempermudah pengerjaan dalam sebuah projek

- Menyembunyikan informasi dari user sehingga mencegah adanya perbuatan iseng seperti memodifikasi atau mengubah program yang kita buat

- Meningkatkan kemampuan pelacakan kesalahan, jika terjadi suatu kesalahan kita tinggal mencari fungsi yang bersangkutan saja dan tak perlu mencari kesalahan tersebut di seluruh program.

- Bentuk umum Sebuah fungsi adalah sebagai berikut :

- Tipedata namafungsi(daftarparameter)

 SOAL DESIGN GRAFIS

1. Apa yang dimaksud dengan corelDRAW?

Jawab : CorelDRAW adalah perangkat lunak pengolah gambar Vector

2. Apa fungsi dari toolbox, Ellipse tool dan Object Tool?

Jawab : Ellipse tool (adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam lingkaran.

Object tool (adalah tool yang berfungsi untuk menyeleksi, mengubah posisi dan ukuran serta memutar objek yang dipilih.)

3. Perfect shape tool?

Jawab : (Untuk Memudahkan Membuat Aneka Bentuk Secara sempurna)

4. Apa yang dimaksud dengan Property bar?

Jawab: (bagian-bagian menu seperti File atau Edit)

5. Apa perbedaan cara memberi warna pada objek gambar/teks dan pada garis?

Jawab: (Pada Objek Gambar Menggunakan “Fill Color Dialog” Sedangkan Pada garis Menggunakan “Pattern Fill Dialog”)

6. Apa saja subalat pada fasilitas curve tool?

Jawab: (Freehand, Bezier, Artistic Media Tool, Pen, Polyline, 3 point curve, Interactive Connector, Dan Dimension Tool)

7. Objek artistik terdiri dari apa saja? Sebutkan!

Jawab: (Garis Artistik “Objek Teks”, Garis Artistik “Objek Gambar”, Efek Distorsi, Smudge Tools)

8. Apa kegunaan dari smart fill?

Jawab: (Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu mengisikannya dengan warna atau tekstur)

9. Eyedropper & paintbucket tool digunakan untuk apa?

Jawab: (memberi warna solid pada objek dengan contoh warna yang kita ambil dari objek lain.)

10. Apa kesamaan antara bezier tool dan pen tool?

Jawab: (menggambar kurva dengan teknik menggambar per segment)

Posting Komentar untuk "Soal Latihan Produktif TKJ Kelas 10"