Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Keperawatan

Pengertian Definisi Arti - Perawatan adalah bidang yang berkaitan dengan merawat orang sakit atau terluka; dan memberikan perawatan kesehatan preventif kepada orang-orang baik. Perawat bekerja di berbagai pengaturan, termasuk rumah sakit, fasilitas perawatan jangka panjang, departemen kesehatan masyarakat, bisnis, sekolah umum dan pusat kesehatan mental.

Menurut ahli Biro Statistik Tenaga Kerja, tugas yang dilakukan oleh perawat termasuk memberikan perawatan pasien, penilaian pasien, mengembangkan rencana asuhan keperawatan dan mendidik pasien tentang kondisi mereka. Pengaturan di mana seorang perawat bekerja menentukan tugas-tugas khusus yang ditugaskan kepadanya. Perawat yang bekerja di rumah sakit medis-bedah merawat pasien yang sakit dan terluka. Mereka melakukan tugas-tugas seperti memberikan obat-obatan, mengambil tanda-tanda vital, termasuk suhu, denyut nadi dan tekanan darah. Mereka juga memberikan obat-obatan, termasuk obat-obatan intravena.

Seorang perawat diminta untuk mendokumentasikan perawatan yang diberikan dan respons pasien dalam rekam medis. Mereka yang bekerja di rumah sakit dapat berspesialisasi dalam bidang perawatan khusus, seperti perawatan anak, di mana mereka bekerja terutama dengan anak-anak, gerontologi, bidang yang berfokus pada orang dewasa yang lebih tua dan psikiatri.

PENGERTIAN KEPERAWATAN 

Keperawatan adalah profesi dalam sektor perawatan kesehatan yang berfokus pada perawatan individu, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan dan kualitas hidup yang optimal. Perawat dapat dibedakan dari penyedia layanan kesehatan lainnya dengan pendekatan mereka terhadap perawatan pasien, pelatihan, dan ruang lingkup praktik. 

Perawat berpraktik dalam banyak spesialisasi dengan berbagai tingkat otoritas resep. Banyak perawat memberikan perawatan dalam lingkup pemesanan dokter, dan peran tradisional ini telah membentuk citra publik perawat sebagai penyedia perawatan. Namun, praktisi perawat diizinkan oleh sebagian besar yurisdiksi untuk berlatih secara independen dalam berbagai pengaturan. Sejak periode pascaperang, pendidikan perawat telah mengalami proses diversifikasi ke arah kredensial tingkat lanjut dan khusus, dan banyak peraturan tradisional dan peran penyedia berubah. 

Perawat mengembangkan rencana perawatan, bekerja secara kolaboratif dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien dan anggota tim lainnya, yang berfokus pada perawatan penyakit untuk meningkatkan kualitas hidup. Di Indonesia dan Inggris, perawat praktik lanjut, seperti spesialis perawat klinis dan praktisi perawat, mendiagnosis masalah kesehatan dan meresepkan obat dan terapi lain, tergantung pada peraturan masing-masing negara. Perawat dapat membantu mengoordinasikan perawatan pasien yang dilakukan oleh anggota lain dari tim perawatan kesehatan multidisiplin seperti terapis, praktisi medis dan ahli gizi. Perawat memberikan perawatan baik secara interdependen, misalnya, dengan dokter, dan secara independen sebagai profesional keperawatan.

Definisi Perawat

Definisi perawat menurut UU RI No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimiliki diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

Taylor C. Lillis C. Lemone (1989) mendefinisikan perawat adlah seseorang yang berperan dalam merawat atau memelihara, membantu dengan melindungi seseorang karena sakit, luka, dan proses penuaan.

Definisi perawat menurut ICN (International Council of Nursing) tahun 1965, perawat adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatan yang memenuhi syarat serta berwenang di negeri bersangkutan untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan, pencegahan penyakit  dan pelayanan penderita sakit.

Pada lokakarya nasional 1983 telah disepakati pengertian keperawatan sebagai berikut, keperawatan adalah pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spiritual yang komprehensif yang ditujukan pada individu, kelompok dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.

Florence Nightingale (1895) mendefinisikan keperawatan sebagai berikut, keperawatan adalah menempatkan pasien dalam kondisi paling baik bagi alam dan isinya untuk bertindak.

Calista Roy (1976) mendefinisikan keperawatan merupakan definisi ilmiah yang berorientasi pada praktik keperawatan yang memiliki sekumpulan pengetahuan untuk memberikan pelayanan kepada klien.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa keperawatan adalah upaya pemberian pelaynan/asuhan yang bersifat humanistic dan profesional, holistic berdasarkan ilmu dan kiat, standar pelayanan dengan berpegang teguh kepada kode etik yang melandasi perawat profesional secara mandiri melalui upaya kolaborasi.

Falsafah Keperawatan

Menurut Undang-Undang Nomor 38 tahun 2014, Keperawatan adalah kegiatan pemberian asuhan kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat, baik dalam keadaan sakit maupun sehat. Perawat, mereka mengembangkan rencana asuhan keperawatan, bekerjasama dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta tim lainnya untuk fokus kepada perawatan penyakit untuk meningkatkan kualitas hidup.

Perawat bekerja dalam sebagian besar spesialisasi, dimana mereka bekerja secara Independen maupun sebagai bagian dari sebuah tim untuk menilai, merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi perawatan. Dalam bidang Keperawatan, sebuah dasar yang disebut dengan falsafah keperawatan. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan falsafah keperawatan? 

Pengertian Falsafah Keperawatan

Falsafah keperawatan adalah dasar pemikiran yang harus dimiliki perawat sebagai kerangka dalam berfikir, pengambilan keputusan dan bertindak yang diberikan pada klien dalam rentang sehat sakit, yang memandang manusia sebagai mahluk yang holistic dan yang harus dipenuhi berbagai kebutuhan seperti biologi, psikologi, social, cultural dan spiritual melalui upaya asuhan keperawatan yang komprehensif, sistematis, logis, dengan memperhatikan aspek kemanusiaan bahwa, setiap klien berhak untuk mendapatkan perawatan tanpa membedakan suku, agama, status sosial dan ekonomi.

Agar dapat memahami penjelasan terkait falsafah keperawatan, maka kita juga harus merujuk pada pendapat para ahli dan pakar keperawatan.

1. Roy (Mc Quiston, 1995)

Menurut Roy (Mc Quiston, 1995), falsafah keperawatan memandang manusia sebagai makhluk biopsikososial yang merupakan dasar bagi kehidupan yang baik. Keperawatan adalah disiplin ilmu yang berorientasi kepada praktik Keperawatan berdasarkan ilmu keperawatan yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada klien.

2. Jean Watson (Caring)

Caring adalah suatu ilmu pengetahuan yang mencakup suatu hal berperikemanusiaan, orientasi ilmu pengetahuan manusia ke proses kepedulian pada manusia, peristiwa, dan pengalaman. Ilmu pengetahuan caring ini meliputi seni dan umat manusia seperti halnya ilmu pengetahuan.

Perilaku caring disini meliputi mendengarkan penuh perhatian, penghiburan, kejujuran, kesabaran, tanggung jawab, menyediakan Informasi sehingga pasien dapat membuat suatu keputusan.

3. Betty Neuman

Betty Neuman menggunakan pendekatan manusia utuh dengan memasukkan konsep holistik, pendekatan sistem terbuka dan konsep stresor.

Sistem klien ini terdiri dari lima variabel yang beriteraksi, yaitu:

  • Fisiologi; Struktur tubuh dan fungsi.
  • Psikologi; Proses mental dan hubungan.
  • Sosiokultural; Kombinasi fungsi sosiol dan kulkural.
  • Perkembangan; Proses perkembangan manusia.
  • Spiritual; Keyakinan spiritual.

4. Florence Nightingale (Modern Nursing)

Menurut Florence Nightingale (modern nursing), dia meyakini falsafah keperawatan serta melihat penyakit sebagai proses pergantian atau perbaikan reparative proses. Manipulasi dari lingkungan eskternal perbaikan dapat membantu proses untuk perbaikan atau pergantian dan kesehatan klien.

5. Martha Rogers, 1970

Keperawatan adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk mengurangi kecemasan terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan rehabilitasi penderita sakit serta penyandang cacat.

Konsep Inti Falsafah Keperawatan

Selain dari apa yang sudah Kami sebutkan di atas terkait falsafah keperawatan, adapun beberapa konsep inti dari falsafah keperawatan menurut para ahli dan pakar keperawatan adalah sebagai berikut:

1. Roy

Menurut Roy, dalam konsep inti falsafah keperawatan, dia menekankan pada kemanusiaan dan kebenaran dalam melaksanakan praktik keperawatan.

2. Jean Watson

Menurut Jean Watson, adapun konsep intinya yang dia jelaskan adalah pentingnya perilaku caring dalam merawat klien.

3. Betty Neuman

Menurut Betty Neuman, konsep intinya adalah memandang manusia secara holistic atau holistik (berarti secara keseluruhan berdasarkan KBBI)

4. Florence Nightingale

Menurut Florence Nightingale, konsep inti dari teorinya mengenai falsafah keperawatan adalah lingkungan berpengaruh terhadap proses pemulihan klien dan membuat lingkungan yang kondutif bagi manusia untuk hidup sehat.

5. Martha Rogers

Menurut Martha Rogers, dia menjelaskan bahwa manusia dan lingkungan adalah satu kesatuan yang utuh, yang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Kesimpulan

Bagaimana sudah jelaskan? Baiklah, berdasarkan dari penjelasan Pengertian Falsafah Keperawatan, Konsep Inti, Perbedaan dan Penyebab Perawat di Indonesia Belum Bersikap Sesuai dengan Falsafah Keperawatan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Falsafah Keperawatan adalah sebuah dasar pemikiran yang harus dimiliki oleh perawat agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien. Ini adalah disiplin ilmu yang unik karena tidak ada dan terdapat dalam disiplin ilmu lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Falsafah Keperawatan, Konsep Inti, Perbedaan dan Penyebab Perawat di Indonesia Belum Bersikap Sesuai dengan Falsafah Keperawatan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian Keperawatan"