Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK

 

Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK

Apa itu Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), merupakan jurusan yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran atau BDP merupakan salah satu Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran. Jurusan ini mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet. Selama 3 tahun pembelajaran, siswa akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya. Siswa juga akan dibekali agar mampu menggunakan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin, sehingga para siswa diharapkan mampu menggunakannya sebagai e-commerce.

Definisi Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran atau lebih dikenal dengan sebutan BDP ialah sebuah jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari tentang bidang pemasaran baik secara online maupun secara offline.

Jurusan ini dijadikan jurusan paling favorit oleh Kementrian karena mendukung pengembangan industri 4.0 yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Sehingga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ikut serta mengeluarkan standar kompetensi pembelajaran bisnis daring dan pemasaran untuk sekolah kejuruan.

Bisnis daring dan Pemasaran sendiri ialah kompetensi yang diperkenalkan sejak perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 (K13).

Perubahan ini pun disambut positif oleh seluruh sekolah kejuruan, karena mampu mengubah stigma bisnis pemasaran yang hanya fokus ke bisnis retail menjadi bisnis daring atau bisnis online.

Materi Apa Saja yang Diajarkan di SMK Jurusan BDP?

Selain Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, di SMK tentu juga diajarkan mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil. Berikut adalah mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan pada Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) di SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

  • Penataan Produk

Mata pelajaran ini membahas mengenai cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan. Pengelompokan tersebut tentu juga dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen agar membeli produk tersebut. Dalam pengelompokan produk siswa juga dituntut untuk benar-benar memahami spesifikasi produk tersebut.

  • Bisnis Online

Pada mata pelajaran Bisnis Online siswa dibekali dengan bagaimana cara pemasaran melalui internet. Pemasaran tersebut bisa dengan situs web atau memanfaatkan sosial media yang ada. Dengan berbisnis online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Misalnya biaya untuk menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.

  • Pengelolaan Bisnis Ritel

Pengelolaan bisnis ritel mempelajari bagaimana pengaturan keseluruhan faktor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel. Misalnya faktor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.

  • Administrasi Transaksi

Dalam Administrasi Transaksi siswa dibekali agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga hasil pencatatan tersebut mudah dipahami.

  • Produk Kreatif Kewirausahaan

Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

5 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Pemasaran (BDP)

Banyak orang menentukan jurusan hanya ikut-ikutan atau hanya menentukan jurusan yang favorit bersama harapan memperoleh prospek era depan cerah. Namun sayang sekali tidak diiringi bersama mencari informasi mengapa saya menentukan jurusan itu, padahal tidak cocok bersama bakat dan minat kita.

Kesalahan fatal ini mengakibatkan mereke jadi salah jurusan, tapi apadaya telah terlanjur masuk, dan lebih parahnya ulang mereka memaksa diri untuk menyukai dan juga memaksa untuk lulus di jurusan tersebut, akibatnya banyak berasal dari mereka setelah lulus jadi tidak memperoleh apa-apa, jadi tidak harusnya menentukan jurusan tersebut. Menyesal ? Ya pastilah belakangan.

Jurusan BDP atau Bisnis Daring Dan Pemasaran merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu. BDP merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari dasar dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara onvensional maupun melalui media daring (online atau internet).

Inilah 5 alasan kenapa kamu harus memilih jurusan Pemasaran atau BDP:

1. Mendalami ilmu marketing dan bisnis

Dengan ilmu pemasaran yang kamu dapatkan, kamu tentu bisa membuka bisnis kamu sendiri karena sudah paham mengenai strategi promosi dan pemasaran untuk bisnis kamu. Dan tentunya kamu akan diajari tips tips untuk menjadi wirausahawan muda yang sukses.

2. Peluang kerja yang cukup banyak

Setiap perusahaan apapun pasti membutuhkan orang yang bekerja dibagian pemasaran untuk memasarkan produk atau jasa mereka. Maka jika kamu memilih jurusan ini, peluang kerja kamu akan cukup banyak nantinya.

3. Melatih kepercayaan diri

Ketika bekerja dalam memasarkan atau menawarkan suatu produk, kamu harus bisa tampil percaya diri agar orang yang kamu ajak bicara bisa tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Maka hal seperti ini secara tidak langsung juga akan melatih kepercayaan diri kamu.

4. Relasi yang luas

Orang yang bekerja dibidang pemasaran akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latarbelakang sehingga membuatnya memiliki relasi dan pergaulan yang luas.

5. Tempat bekerja yang fleksibel

Sebagai seorang yang bertugas dibidang pemasaran, kamu akan melakukan berbagai perjalanan untuk bertemu klien dan memasarkan produk atau jasa perusahaan. Pekerjaan ini membuatmu tidak akan bosan karena tidak selalu berada diruangan.

Peluang Kerja Bisnis Daring dan Pemasaran

  • Online Shop

Pekerjaan pertama yang bisa anda coba adalah membuka online shop. Tentu anda sudah paham kan bagaimana teknik promosi secara online yang baik.

Tentu hal ini sangat berguna jika anda mampu membuka online shop. Apalagi dijaman sekarang ini belanja secara konvesional tidak seramai belanja online. Jadi hal ini bisa anda jadikan peluang untuk menambah penghasilan anda.

  • Content Creator

Anda juga bisa menjadi content creator, baik dalam bentuk gambar, tulisan, video, suara maupun hal lain. Dijaman sekarang ini content creator sangat dibutuhkan, karena banyaknya pekerjaan yang menuntut untuk serba digital.

  • Reseller & Dropshipper

Menjadi reseller dan dropshipper juga bisa anda pertimbangkan sebagai penghasilan tambahan anda jika anda tidak mempunyai suatu produk.

Maka pilihan ini paling tepat, karena anda tak perlu menghasilkan produk. Anda tinggal membeli produk untuk di jual kembali.

Tentunya anda sudah paham betul bagaimana menjadi reseller dan dropshipper yang menguntungkan.

  • Freelancer

Jika anda tak suka dengan pekerjaan terikat, maka menjadi seorang freelancer adalah pilihan yang tepat.

Sebab anda akan mendapatkan uang ketika proyek klien yang anda kerjakan telah selesai jadi tidak ada sistem kontrak.
Dan enaknya lagi menjadi freelancer anda tak perlu terikat tempat dan waktu. Anda bisa mengerjakan dimanapun yang anda suka serta tak ada jam kerja.

  • Marketing Analisis

Anda bisa bekerja sebagai seorang marketing analisis. Dimana tugasnya adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan sebuah data tentang target pemsaran untuk keperluan perusahaan maupun klien.

  • Sosial Media Marketing

Lulusan bisnis daring dan pemasaran bisa kerja apa? Yap bisa kerja sebagai seorang sosial media marketing. Tugasnya adalah memasarkan produk atau jasa menggunakan sosial media internet seperti facebook, instagram, tiktok, youtube, twitter dan lain lain.

  • Digital Marketing Staff

Anda juga bisa berkarir menjadi seorang digital marketing staff. Yang tugasnya memikirkan konten untuk dijadikan sebagai strategi marketing bisnis.

Anda harus mampu menguasai strategi pemasaran digital menggunakan berbagai platform, selain sosial media anda juga harus paham tentang mesin pencarian.

  • Supervisor Pemasaran

Peluang kerja yang bisa anda coba lainnya adalah menjadi seorang supervisor pemasaran yang tugasnya tentu membantu perusahaan dalam mengembangkan serta membuat strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

  • Staff Advertising

Prospek kerja bisnis daring dan pemasaran yang bisa anda coba adalah menjadi staff advertising. Tugasnya tentu mengelola dan merancang kampanye untuk iklan suatu produk.

  • Admin Marketing

Anda bisa memilih karir menjadi seorang admin marketing. Admin marketing bertugas untuk membantu staff dalam menyusun berbagai data hasil penjualan serta kebutuhan klien.

  • Wirausaha

Terakhir yang bisa anda pilih adalah menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur. Dengan ilmu bisnis dan pemasaran yang anda miliki, tentu anda bisa menjalankan dan membuat bisnis anda sendiri.

Sebenarnya banyak pekerjaan lain yang bisa anda coba ketika anda memilih jurusan bisnis daring dan pemasaran.

Misalnya saja menjadi seorang influencer instagram, influencer tiktok, youtouber, blogger, dan masih banyak lagi. Untuk lebih memantapkan anda memilih jurusan ini atau tidak, anda bisa membaca hal hal penting berikut ini.

Posting Komentar untuk "Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMK"