Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kolesterol


Cara Cek Kolesterol

Cara Cek Kolesterol sebaiknya diperiksa dengan rutin jika kita punya riwayat penyakit kronis. Jika sudah sedemikian, memiliki alat cek kolesterol di rumah bisa sangat membantu. Ada beberapa alat tes kolesterol di rumah yang bisa digunakan sendiri tanpa pendampingan dokter atau perawat. Namun, apakah alat cek kolesterol di rumah akurat? bagaimana cara menggunakan alat tes kolesterol ini?

Apakah Alat Tes Kolesterol di Rumah Akurat?

Dengan alat tes kolesterol, kita akan lebih mudah memantau kadar kolesterol tanpa harus pergi ke dokter. Alat tes kolesterol ini juga dapat memberikan hasil dalam hitungan menit.

Ketepatan hasil alat kolesterol akan bervariasi, tergantung dengan merek yang digunakan. Hal ini juga dipengaruhi dengan seberapa tepat kita mengikuti prosedur penggunaan alatnya.

Dilansir dalam laman Web MD, pada dasarnya alat cek kolesterol rumahan ini memiliki nilai keakuratan setidaknya 95%. Ini cukup akurat, akan tetapi pengecekan tes kolesterol dengan alat praktis ini tidak boleh menggantikan tes kolesterol rutin yang memang kita perlukan di puskesmas atau rumah sakit.

Sebab, untuk menentukan kondisi kesehatan, tidak bisa semata-mata hanya dari hasil alat tes kolesterol ini saja.  Diperlukan uji yang lain oleh tenaga kesehatan di puskesmas atau rumah sakit.
Misalnya, dilihat kondisi fisiknya, atau pengukuran laboratorium lainnya. Selain itu, tes praktis ini biasanya hanya menunjukan kadar kolesterol total, bukan LDL dan HDL.

Cara Menggunakan Alat Cek Kolesterol di Rumah?

Sekarang ini kita bisa mendapatkan alat tes kolesterol di toko alat kesehatan atau apotek. Pada umumnya, saat membeli alat tes kolesterol kita akan mendapatkan lancet untuk mengeluarkan darah, dan strip tes.

Ada dua jenis alat cek kolesterol di rumah, alat metode kertas dan metode meteran elektronik.

Pertama kita bersihkan dahulu jari menggunakan alkohol. Kemudian, tusukan ujung jari kita dengan lancet. Selanjutnya, letakan tetesan darah ke atas strip.

Pada alat cek kolesterol kertas, strip tes ini memiliki kandungan zat kimiawi khusus yang bisa berubah warnanya dalam beberapa menit.

Perhatikan warna terakhir yang ditunjukan oleh strip tes tersebut, kemudian cocokan dengan daftar warna yang terdapat dalam kemasan alat tes kolesterol Anda. Warna tersebut yang akan menunjukan seberapa banyak kolesterol berdasarkan tetesan darah Anda.

Pada alat tes kolesterol elektronik, bedanya Anda harus menempelkan strip tes ke sebuah alat elektronik kecil pengukur kolesterol. Dari alat itulah akan terbaca berapa jumlah kadar kolesterol kita. Alat ini mirip dengan alat tes glukosa yang biasanya digunakan para diabetesi untuk mengontrol gula darah.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Kolesterol"