Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Multimedia Interaktif

 

Jenis Multimedia Interaktif

Jenis Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi bererti banyak, dan tempat bererti tempat, layanan atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Jadi berdasarkan kata ‘multimedia’ bisa dirumuskan sedagai wadah atau penyatuan lebih dari satu tempat yang setelah itu didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen berikut layaknya teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu rencana dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana Info di dalam wujud teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan di dalam computer untuk di simpan, diproses dan di sajikan baik secara liner mahupun interaktif.

Oleh itu, bersama memadukan seluruh elemen multimedia berikut menjadikan Info di dalam wujud multimedia yang bisa diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati wujud aslinya di dalam dunia sebenarnya. Multimedia enteraktif adalah kalau suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang tersedia dan pemakai user diberi keputusan atau kekuatan untuk mengawal dan memunculkan elemen-elemen tersebut. Ada apa saja Jenis–Jenis Multimedia yang bisa kita ketahui.

Terdapat banyak model multimedia interaktif yang digunakan untuk tujuan pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

Jenis Multimedia Untuk Pembelajaran

a.    Tutorial

Model tutorial adalah salah satu jenis model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan branching yang sesuai. Disebut branching karena terdapat berbagai cara untuk berpindah atau bergerak melalui pembelajaran berdasarkan jawaban atau respon pengguna terhadap materi, soal-soal atau pertanyaan-pertanyaan.

Jenis ini melibatkan presentasi informasi. Tutorial secara khusus terdiri dari diskusi mengenai konsep atau prosedur dengan pertanyaan bagian demi bagian atau kuis pada akhir presentasi. Instruksi tutorial biasanya disajikan dalam istilah “”Frames” yang berhubungan dengan sekumpulan tampilan.

Model tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, komputer menyampaikan materi, mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna.

b.    Drill and practice

Model drill and practice menganggap bahwa konsep dasar telah dikuasai oleh pengguna dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumus-rumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi daya tangkap mereka terhadap materi. Fungsi utama latihan dan praktik dalam program pembelajaran berbantuan komputer memberikan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan siswa.

Cara kerja Drill and practice ini terdiri dari tampilan dari sebuah pertanyaan atau masalah, penerimaan respon dari pengguna, periksaan jawaban, dan dilanjutkan dengan pertanyaan lainnya berdasarkan kebenaran jawaban. Jenis ini tidak menampilkan suatu instruksi, tetapi hanya mempraktekkan konsep yang sudah ada. Jadi jenis ini merupakan bagian dari testing.

c.    Simulasi

Simulasi dengan situasi kehidupan nyata yang dihadapi pengguna, dengan maksud untuk memperoleh pengertian global tentang proses. Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur.

d.    Instructional games

Model ini jika didesain dengan baik dapat memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk memotivasi dan meningkatkan belajar. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran yang baik sukar dirancang dan perancang harus yakin bahwa dalam upaya memberikan suasana permainan, integritas tujuan pembelajaran tidak hilang.

e.    Hybrid

Model hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih model multimedia pembelajaran. Contoh model hybrid adalah penggabungan model tutorial dengan model drill and practice dengan tujuan untuk memperkaya kegiatan pengguna, menjamin ketuntasan belajar, dan menemukan metode-metode yang berbeda untuk meningkatkan pembelajaran. Meskipun model hybrid bukanlah model yang unik, tetapi model ini menyajikan metode yang berbeda dalam kegiatan pembelajaran. Model hybrid memungkinkan pengembangan pembelajaran secara komprehensif yaitu menyediakan seperangkat kegiatan belajar yang lengkap.

f.     Socratic

Model ini berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language. Bila pengguna dapat menjawab sebuah pertanyaan disebut Mixed-Initiative CAI. Socratic berasal dari penelitian dalam bidang intelegensia buatan (Artificial Intelegence).

g.    Inquiry

Model Inquiry adalah suatu sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.

h.    Informational

Informational biasanya menyajikan informasi dalam bentuk daftar atau tabel. Informational menuntut interaksi yang sedikit dari pengguna.

Jenis Multimedia Menurut Fungsi

Ada beberapa style atau style multimedia interaktif yang digunakan untuk object pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

Multimedia Hiperaktif

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai susunan dengan dengan elemen – elemen mengenai yang dapat di arahkan oleh pengguna dengan dengan tautan link menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

Richmedia merupakan arti yang di memakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif. Misalnya seperti Word wide web, Website, Mobile banking, Game online dan lain-lain.

Jenis Multimedia Linear

Multimedia Linear merupakan style multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini umumnya banyak kami temukan terhadap seluruh style film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan style multimedia interaksi, artinya suatu hubungan terhadap sarana dan pengguna sarana dengan dengan melalui perlindungan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. 

Interaksi multimedia seperti ini berjalan tanpa pemeriksaan navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner perlu berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk sistem pembelajaran di kelas, tetapi tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri merupakan suatu software yang dapat dimanfaatkan secara berdiri sendiri oleh siswa tanpa perlindungan guru.

Multimedia pembelajaran berdiri sendiri juga perlu dapat dalam mengkombinasikan explicit, knowledge, dan tacit information mempunyai kandungan fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi juga juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran berdiri sendiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

Perangkat Multimedia

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu style sarana yang diorganisir di lebih kurang topik utama.

Didalamnya juga juga CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk sistem presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan sebab mereka multi sensorik.

Multimedia kits jadi maksime serta ideal sebagai sarana untuk merangsang kerja grup proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yakni dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yakni dokumen yang terdiri dari teks, audio, Info visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yakni saat dalam suatu pembelajaran mengunakan link terhadap sebuah web.

Multimedia

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau perlindungan pelajaran yang direkam secara visual, nada dan bahan video yang di sajikan di bawah pemeriksaan komputer.

Tujuannya supaya tidak cuma menyaksikan dan mendengar suara, tetapi juga untuk membawa dampak tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yakni terdapatnya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan seluruh gerak gambar dapat dikombinasikan supaya mudah di gunakan.

Multimedia Virtual Reality

Virtual reality atau dikenal juga dengan dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang sangat barangkali pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sesungguhnya ditiru atau sangat suatu lingkungan yang cuma tersedia dalam imajinasi. 

Posting Komentar untuk "Jenis Multimedia Interaktif"