Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Laptop Multimedia Untuk Siswa SMK

 

Laptop Untuk Jurusan Multimedia SMK

Laptop kita mungkin belum bisa bekerja dengan optimal saat mengerjakan multitasking. Sekarang, apakah kamu ingin mencari laptop yang bisa menjalankan banyak fungsi? Laptop multimedia adalah pilihan yang pas, dimana laptop ini bisa dipakai untuk keperluan berbagai fungsi, mulai dari menonton film, bermain game bahkan editing video.

Di pasaran, ada banyak vendor yang mengeluarkan laptop multimedia. Saat memilih, kamu harus bisa menentukan produk terbaik agar sesuai kebutuhan dan setara dengan budget yang sudah kamu keluarkan mengingat laptop multimedia dengan harga tinggi.

Untuk membantu kita yang ingin mengenal laptop multimedia lebih dekat, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Memilih Laptop Multimedia Terbaik

Seperti yang disebutkan di atas, laptop jenis ini menjadi pusat multimedia, misalnya untuk keperluan film, game dan editing video. Cocok digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja kreatif yang berprofesi sebagai desainer grafis, editor film atau video serta pekerjaan rutin harian lainnya, laptop jenis ini tentu saja harus memiliki spesifikasi terbaik agar bisa menunjang semua keperluan yang disebutkan diatas.

Laptop yang digunakan tidak bisa sembarangan. Karena untuk melakukan kegiatan multimedia yang multitasking, diperlukan beragam fitur dan aplikasi tertentu. Seperti software editing foto dan video.

Sayangnya laptop multimedia tersebut biasanya memiliki harga yang tidak murah. Padahal tidak semua orang, terutama mahasiswa, bisa mengumpulkan uang dalam waktu singkat untuk membelinya.

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa laptop multimedia dengan harga murah yang cocok untuk para pekerja dan mahasiswa.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi laptop multimedia termurah dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai laptop multimedia serta cara perawatannya.

Mengenal jenis dan karakteristik laptop multimedia

Secara umum, laptop memiliki tiga jenis. Pertama, Entry-Level untuk pengerjaan basic yang tidak memerlukan banyak fitur dan aplikasi. Kedua, Mid-Range yang dapat digunakan untuk sebagian perangkat lunak dan game. Ketiga, High-End yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi kelas atas dengan kartu grafis yang kuat.

Selain digunakan untuk pekerjaan mengedit foto dan video, laptop multimedia juga dapat digunakan untuk bermain game spek tinggi serta menonton film.

Hal itu tidak lepas dari karakter laptop multimedia yang memiliki kinerja tinggi serta mudah dibawa kemana saja sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih laptop multimedia Entry-Level. Karena jenis ini memiliki harga yang cenderung murah. Namun untuk Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda bisa memilih laptop multimedia High-End.

Oleh karena itu, saat Anda memilih laptop multimedia perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah laptop multimedia hanya akan digunakan untuk melakukan pekerjaan mengedit, atau juga digunakan untuk bermain game serta menonton film.

1. Perhatikan Prosesor Laptop

Bila ditanya bagian terpenting apa yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop multimedia, pasti banyak yang akan menjawab prosesor. Ya, prosesor memang merupakan bagian terpenting dari laptop multimedia. Karena inilah yang akan menentukan maksimal atau tidaknya kinerja dari laptop multimedia tersebut.

Sebaiknya Anda memilih laptop multimedia dengan prosesor generasi terbaru, atau setidaknya tidak terlalu tua. Karena prosesor baru memiliki kecepatan dan performa yang lebih cepat dan maksimal. Sangat cocok digunakan untuk pengerjaan yang multitasking.

2. Perhatikan Kartu Grafis pada Laptop

Kartu grafis atau dikenal juga dengan VGA merupakan salah satu aspek penting dalam laptop multimedia.VGA memiliki peran sebagai penghubung antara user dengan data visual pada layar laptop.

Selain itu, VGA juga memiliki peran penting dalam memproses program serta aplikasi yang akan Anda gunakan.

Dalam memilih VGA, perhatikanlah jenis dan besar memorinya. Semakin besar memori yang ada pada VGA, semakin tinggi pula performanya. Sebaiknya pilih laptop dengan VGA terpisah. Karena performanya lebih baik dibanding dengan VGA onboard.

Perhatikan Kapasitas RAM Laptop

RAM juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop multimedia. Sebaiknya Anda memilih laptop multimedia yang memiliki RAM dengan kapasitas besar. Karena RAM sangat mempengaruhi kinerja serta performa dari laptop multimedia tersebut.

Agar lebih maksimal lagi, pilihlah laptop multimedia yang slot RAM-nya lebih dari satu. Dengan begitu, Anda bisa melakukan upgrade RAM bila kapasitasnya dirasa masih belum cukup untuk melakukan kegiatan multitasking.

Perhatikan Jenis Storage pada Laptop

Melakukan kegiatan multimedia memerlukan kemampuan multitasking. Artinya, laptop tersebut harus memiliki kecepatan performa yang sangat baik. Karena itu, sebaiknya Anda memilih laptop multimedia yang memiliki storage tipe SSD.

Anda juga bisa menggunakan penyimpanan Hybrid untuk mendapat kapasitas lebih. Hybrid sendiri merupakan perpaduan antara penyimpanan HDD dan SSD dalam satu laptop. Dengan begitu, Anda tetap dapat menyimpan berbagai data pribadi di HDD sementara penyimpanan sistem bisa dilakukan di SSD.

Cara merawat laptop multimedia agar lebih awet

Agar multimedia Anda tetap bersih, nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat laptop multimedia:

  • Jangan gunakan laptop untuk bermain game berat terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan laptop mengalami overheat, yang apabila dibiarkan terus menerus akan membuat hardware laptop menjadi ‘gosong’ dan rusak.
  • Jauhkan laptop dari benda cair apapun. Barang elektronik jenis apapun, termasuk laptop, sebaiknya tidak berdekatan dengan air. Karena air tersebut dapat membahayakan laptop. Bahkan bila kadar airnya cukup banyak, laptop Anda bisa sulit untuk diperbaiki.
  • Jangan menggunakan laptop langsung di atas kasur. Kebiasaan ini paling sering dilakukan banyak orang. Terutama bila sedang menonton film. Hal ini bisa menyebabkan sirkulasi udara di dalam laptop menjadi terhambat. Akibatnya, bagian dalam hardware akan mengalami overheat dan laptop akan mudah rusak.
  • Hindari meletakkan benda berat di atas laptop. Walau hanya sekadar buku dan kertas, sebaiknya jangan diletakkan di atas laptop Anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tampilan layar dari laptop. Ingat, memperbaiki layar laptop harganya bisa sangat mahal. Bahkan bisa mencapai setengah harga dari laptop tersebut.
  • Selalu bersihkan laptop secara rutin. Pada bagian luar laptop, bersihkan sela-sela keyboard dari debu yang menempel. Bisa menggunakan tisu basah atau penyedot debu khusus laptop. Untuk bagian dalam hardware laptop, bersihkan dengan kuas atau tisu biasa.
  • Jangan pernah sembarangan mengunduh dan browsing. Salah-salah bisa menyebabkan masuknya virus dan malware ke dalam laptop Anda. Akibatnya, data-data Anda yang tersimpan di laptop tersebut menjadi terancam dan bisa hilang.
  • Selalu pasang baterai pada laptop. Hal ini bertujuan untuk menetralisir masuknya tegangan ke dalam laptop. Dengan begitu, tegangan listrik yang masuk ke laptop akan sesuai dengan kebutuhan pemakaiannya.
  • Gunakan laptop untuk pemakaian yang sewajarnya. Secanggih-canggihnya laptop multimedia yang Anda beli, tetap saja membutuhkan istirahat. Jangan memaksakan laptop untuk melakukan pekerjaan secara terus menerus. Ini akan membuat laptop menjadi cepat rusak.
  • Hindari penggunaan baterai hingga 0%. Segera matikan laptop bila daya baterainya sudah di angka 20%, agar baterai menjadi lebih awet dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Laptop Multimedia Untuk Siswa SMK"