Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Konsep Video Marketing

 

Contoh Konsep Video Marketing

Contoh konsep video, contoh video marketing, konsep video marketing, konsep video promosi, profile company, video branding, video demo, video edukasi, video testimoni.

Apabila saat ini kita masih pemula dalam soal pemasaran menggunakan video, maka jangan khawatir. Di sini kita bagikan pengalaman membuat konten KDJ di tiktok, youtube, maupun instagram. Pengalaman kita tentunnya akan disertai dengan contoh konsep video marketing, karena cara belajar paling mudah adalah menggunakan contoh. Kita bisa memakai rumus ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Rumus ATM atau amati, tiru, dan modifikasi ini mungkin cocok untuk kita yang masih belajar membuat konsep video marketing. Sebab bagi seorang pemula, apalagi pebisnis solo (sendirian), tentu akan sulit membuat konten video tanpa disokong sebuah tim. Namun kita akan membagikan bagaimana saja contoh contoh konsep agar nantinya kita bisa langsung Tiru dan Modifikasi. Inilah contoh konsep  video marketing.

Jenis Jenis Video Marketing

1. Konsep Video Promosi Yang Menarik dengan Video Testimoni

Contoh konsep video testimoni adalah dengan meminta pelangganmu menceritakan bagaimana mereka menggunakan produkmu, dan apa manfaat yang mereka rasakan setelah menggunakannya. Memang awalnya tidak mudah untuk memancing mereka untuk ngomong, namun ada sedikit trik di sini. Tanyakan saja kepada customermu, bagaimana mereka memakai barang atau produk yang telah mereka beli. Kalau responnya baik, tentu mereka akan bercerita bagaimana menggunakan produk tersebut.

Namanya video testimoni pasti berisi hal-hal baik seputar produkmu, kalau ada yang testimoni  yang agak nyeleneh misalnya, maka pancing saja mereka untuk memberikan saran dan masukan buat produkmu. Ini akan lebih bisa membangun brandingmu ke depannya nanti.

2. Contoh Video Marketing dalam Bentuk Branding

Contoh konsep video marketing berbentuk branding adalah berusaha mengunggulkan produkmu di mata calon customer. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika membuat video branding, di antaranya adalah;

  • Keistimewaan Tema konten
  • Keunggulan Produk
  • Posisi produkmu di dalam konstelasi persaingan produk lain.
  • Visualisasi terhadap produkmu.

Kempatnya sangat berkaitan antar satu dengan yang lain. Di dalam sebuah video branding, kamu harus dapat menemukan keunggulan produkmu dibanding produk lain. Juga kamu harus temukan posisi produkmu terhadap produk lain yang sejenis, misalnya kalian berbisnis rak buku. Jika penjual lain, lebih fokus pada rak buku  untuk ruang tamu, maka jualanmu lebih kepada rak buku untuk anak kos. Inilah pentingnya membentuk keistimewaan produk untuk video branding. Selain itu semua harus ditunjang dengan visualisasi video yang khas sehingga bisa memperkuat brand produkmu.

3. Cara Membuat Video Marketing Profile Company

Jenis video marketing selanjutnya adalah berbentuk company profile. Nah, ini merupakan tahapan selanjutnya setelah kamu membuat video branding. Yang namanya publik pasti akan kepo terhadap pembuat produk setelah mereka melihat sebuah brand tertentu. Inilah yang harus kita lakukan setelah membuat video branding, yakni membuat profile company.

Biasanya video profile company berbentuk video pendek (60-120 detik) yang berisi bagaimana produk tertentu telah diproduksi oleh sebuah pihak. Nah dalam video itulah tugas kita untuk mengunggulkan dan menjelaskan latar belakang dari si company atau produsen tersebut.

Memang dalam pembuatan sebuah company profile membutuhkan riset yang panjang, mulai dari riset historis hingga riset angle untuk pengambilan video. Nah, untuk proses editing terkadang membutuhkan tenaga yang ahli di bidangnya. Kamu dapat menyewa jasa editor untuk ini agar video company profilmu  dapat menjual.

4. Yang Termasuk Media Video Marketing Adalah Demo atau Peragaan Sesuatu

Tentunya konsep video marketing tidaklah sekadar menjelaskan produk atau perusahaannya saja, melainkan juga cara pemakaian produk tersebut atau cara pengaplikasiannya. Terkadang kita menemukan sebuah contoh konsep video marketing yang berisi review terhadap produknya sendiri. Ini juga penting dalam sebuah video marketing. Sebab bagaimanapun sebelum kita menjual suatu produk ke masyarakat, mereka harus tahu lebih dulu bagaimana penggunaan, kegunaan, serta manfaatnya.

Seperti halnya seorang penjual masker memeragakan pemakaian masker, maka kamu juga bisa membuat konsep konten marketing berisi penggunaan produk, misalnya mukena, skincare, kaos, sepatu, ataupun produk software untuk laptop/pc. Memang contoh konsep video marketing ini tidak secara langsung mendatangkan pembeli apalagi closing, namun cara ini bermanfaat untuk soft selling yang mana secara tidak langsung produkmu akan dikenal oleh pengguna.

Platform yang paling powerfull untuk mengupload video demo atau peragaan ini adalah tiktok dan instagram. Keduanya sangat cocok untuk upload konten yang pendek dan cenderung sekali lihat. Jika  versi punyamu lebih panjang maka itu jenisnya sudah lain, yaitu konsep edukasi.

5. Cara Kerja Video Marketing dengan Konsep Edukasi

Tugas seorang digital marketer di era sekarang sebenarnya tidak lagi berjualan, melainkan memberikan pengertian dan info kepada yang membutuhkan. Masalah nantinya produk akan laku itu adalah efek yang tak dapat kita prediksi. Nah, konten yang tidak boleh kamu lupakan ketika membuat konsep video marketing adalah konten edukasi.

Konsep edukasi ini bisa dalam bentuk di antaranya adalah video ilustrasi, video tutorial, live IG, ataupun bincang-bincang seputar penggunaan suatu produk. Jenis video ini biasanya akan lebih panjang daripada jenis demo. Karena konsep video edukasi lebih bertujuan untuk memberi kejelasan dan pengertian, serta tidak sekadar teknis penggunaan saja.

Berbagai platform bisa menjadi temanmu untuk  memberikan edukasi, di antaranya adalah youtube, LIVE IG, Tiktok, LIVE Tiktok, LIVE Facebook, IG TV, dan lain-lain. Semua platform sama powerfullnya untuk menerapkan contoh konsep video marketing ini. Asal kamu sudah mempunyai target pasar yang jelas. Jangan lupa untuk memberikan semacam banner atau pemberitahuan dulu, sebelum kamu akan melakukan edukasi pasar. Misalnya dengan membuat poster, coming soon, nantikan, simak, dan lain-lain.

Konsep ini sebenarnya sudah sering digunakan oleh mereka yang berprofesi oleh konten kreator, tapi bagi seorang penjual online tentu ini bisa kita tiru. Sebab cara ini cenderung akan mendatangkan banyak interaksi dan traffic baru. Selamat mencoba beberapa contoh konsep video marketing di atas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Konsep Video Marketing"