Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pelajaran PAI Kelas 1 SD

 


Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar meliputi 5 aspek, yakni: Al Qur’an dan Hadis, Akidah, Akhlak, Fiqih, serta Tarikh dan Kebudayaan Islam. Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah swt., hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Materi pendidikan agama islam kelas 1 SD bertujuan untuk: menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah swt.; dan untuk mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

Pendidikan Agama Islam selain mengantarkan peserta didik memiliki kompetensi pendidikan agama Islam sesuai jenjangnya di sekolah, maka yang lebih utama adalah bagaimana menjadikan peserta didik dapat menerapkan ilmu agama yang telah dikuasainya itu untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai muslim yang taat, saleh, dan berakhlak mulia, sehingga menjadi teladan bagi dirinya, keluarga dan masyarakatnya, serta memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban bangsa dan negara Indonesia.

Guru Pandai Mengajar dan Harus Go Blog

Beberapa keahlian yang semestinya dimiliki oleh Guru kelas 1 SD adalah, pandai bercerita ( bisa mendongeng, atau menceritakan kisah dan riwayat), pandai membuat permainan (games), pandai bernyanyi, pandai merayu siswa, dan yang terakhir pandai membawakan materi menjadi tidak membosankan. Untuk yang terakhir ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh semua guru sebenarnya.

Bagaimana kalau Guru kelas 1 SD tersebut tidak pandai bercerita, tidak pandai menyanyi, tidak pandai membuat permainan? Ya harus belajar memiliki kemampuan tersebut, guru yang baik adalah guru yang terus menerus mau belajar, begitu kata motivator pendidikan mengatakan. Yang disebutkan tadi kemampuan secara umum tentunya, belum kepada kemampuan pada materi yang diajarkan. Kalau materi yang diajarkan adalah membaca Al-Qur'an surat Al-Fatihah maka kemampuan yang pertama kali harus benar-benar dikuasai guru adalah kemampuan membaca Qur'an,  menghafal surat Fatihah tersebut, plus kemampuan menulis surat Fatihah tersebut dengan huruf Arab. Kalau yang ini sudah oke, maka tinggal meramunya dengan kemampuan umum tadi ya bisa dengan membuat games, atau bercerita hikmah ketika menerjemahkan satu persatu ayat Fatihah tersebut.

Point-point yang harus dikuasai guru ketika hendak mengajar kelas 1 SD dengan materi membaca Al-Qur'an surat Al-Fatihah;

Pastikan diri bahwa sudah hafal surat Al-Fatihah tersebut, bukan sekedar hafal cangkem ya, atau hafal bunyi saja, melainkan harus hafal tajwid dan makhorijul huruf nya biar jangan sampai salah mengajarkanya ke siswa, ingat loh, kalau salah dosa ditanggung sendiri. Kalau belum hafal, segera berlatih keras untuk menghafalnya, kalau belum paham tajwid dan makhorijulhurf nya tanyakan kepada senior yang lebih paham bidang ini.

Pastikan juga sudah mampu menulis ayat demi ayat dari surat Al-Fatihah tersebut dengan huruf Arab, ini penting ketika menyalin ayat di papan tulis jangan sampai salah atau tidak bisa dibaca oleh siswa. 

Kalau materinya adalah menghafalkan surat Al-Fatihah, maka pastikan sudah punya metode cara menghafal ayat Qur'an untuk digunakan pada saat mengajar nanti. Metode menghafal Qur'an itu banyak loh dan empiris, bisa klasikal dengan mengulang bacaan terus menerus sampai hafal atau sorogan satu persatu siswa menyetor hafalannya, pilih salah satu yang bisa dikuasai dan mudah dipahami siswa nantinya. Begitupun dengan metode membacanya, seperi baghdadi, qiraati, al barqi, iqro, tartila, insani dan lain sebagainya.

Kalau materinya adalah melafalkan surat Al-Fatihah, maka pastikan ilmu tajwidnya sudah pas, sudah cukup, jangan sampai ikhfa dibaca idgom. Kalau salah tajwid atau ejaan, nantinya siswa akan belajar melafalkan dengan lafal yang salah, ini bahaya, mending kalau suatu saat siswa belajar lagi dan mendapat guru yang tepat, kalau tidak maka siswa akan mengamalkan amalan yang salah sampai seterusnya, naudzubillah kan?

Siapkan media mengajarnya, kalau bisa membuat sendiri maka buat terlebih dahulu media tersebut. Kalau tidak mampu, diusahakan untuk mencarinya ke guru senior atau browsing, atau beli. Media mengajarnya seperti apa sih? Cara paling mudah dengan membuat potongan pada karton, atau bisa membuat slide yang berisi ayat-ayat surat Al-Fatihah kalau bisa interaktif dengan dilengkapi dengan sound / suara melagamkannya. Bisa pula dengan menggunakan video belajar membaca surat Fatihah, ini bisa didapat dengan mudah di youtube.

Siapkan games untuk jaga-jaga kalau siswa mulai merasa jenis dengan metode yang digunakan guru, misalnya games sambung ayat. Ini juga bisa digunakan dalam bentuk games lho, caranya begini, siswa berjejer atau dibuat lingkaran dimana guru berada ditengah lingkaran tersebut, kemudian guru menunjuk siswa untuk memlulai membaca surat fatihah, terus berkeliling dari satu siswa ke siswa lainnya, dan kalau ada yang tidak hafal maka siswa yang tidak hafal harus memijit punggung semua temannya sambil membaca ayat yang tidak dihafalnya dan dibantu oleh siswa yang dipijit punggunya tersebut. Ini contoh games sederhana tapi menarik, silahkan mencari games lainnya yang sesuai dengan habit sekolah masing-masing.

Dan lain sebagainya sesuai daya kreatifitas guru masing-masing.

Daftar Materi Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD

Bab 1 Surah Al-Qur’an Surah Al-Fatihah

Bab 2 Rukun Iman

Bab 3 Perilaku Terpuji (1)

  • Membiasakan Perilaku Jujur
  • Membiasakan Perilaku Bertanggung Jawab
  • Membiasakan Perilaku Hidup Bersih
  • Membiasakan Perilaku Disiplin

Bab 4 Tata Cara Bersuci (Taharah)

  • Pengertian Bersuci/Taharah
  • Mencontoh Tata Cara Bersuci

Bab 5 Rukun Islam

  • Menirukan Ucapan Rukun Islam
  • Menghafal Rukun Islam

Bab 6 Surah-Surah Pendek

  • Menghafal Al Qur’an Surah Al-Kausar
  • Menghafal Al Qur’an Surah An-Nasr
  • Menghafal Al Qur’an Surah Al-‘Asr

Bab 7 Dua Kalimat Syahadat

  • Melafalkan Syahadat Tauhid Dan Syahadat Rasul
  • Menghafal Dua Kalimat Syahadat
  • Mengartikan Dua Kalimat Syahadat

Bab 8 Perilaku Terpuji (2)

  • Menampilkan Perilaku Rajin
  • Menampilkan Perilaku Tolong Menolong
  • Menampilkan Perilaku Hormat Terhadap Orang Tua
  • Menampilkan Adab Makan Dan Minum
  • Menampilkan Adab Belajar

Bab 9 Bersuci (Taharah)

  • Menyebutkan Tata Cara Berwudu
  • Mempraktikkan Tata Cara Berwudu

Materi Pendidikan Agama Islam Kelas 1 SD

Materi pendidikan agama islam kelas 1 SD ini dikutip dari buku pendidikan agama islam untuk SD pada umumnya sehingga tersusun secara sistematis dan mudah dipahami oleh para siswa, guru dan masyarakat. Materi pendidikan agama islam kelas 1 SD pada daftar diatas akan diuraikan secara lengkap pada artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Materi Pelajaran PAI Kelas 1 SD"