Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DASAR-DASAR PELATIHAN BURUNG COCKATIEL

DASAR-DASAR PELATIHAN BURUNG COCKATIEL

Jika burung sudah jinak dan terbiasa ditempatkan di luar sangkar, proses pelatihannya akan berjalan lebih mudah.

Proses pelatihan berikut ini, sekali lagi, dikhususkan untuk burung yang sudah jinak, tidak takut lagi dengan pemiliknya. Anda bisa menggunakan burung yang telah dirawat sejak anakan, karena burung tersebut rata-rata lebih mudah dan cepat jinaknya.

Memperkenalkan clicker pada burung

Clicker adalah benda-benda yang akan mengeluarkan bunyi ketika ditekan. Banyak sekali jenisnya di pasaran. Jika tak mau repot, silakan hubungi Om Rudy Pelung di sini, yang dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik burung parkit dan aneka burung paruh bengkok di Indonesia.
Jika belum ada dana, Anda bisa memanfaatkan benda-benda apapun untuk melatih cockatiel, misalnya batang sumpit atau pensil.

Mengenalkan clicker pada cockatiel bisa dilakukan dengan mendekatkan ujung tongkat pada paruh burung. Ketika burung menyentuh ujung tongkat dengan paruhnya, kita pencet clicker hingga bunyi, lalu tarik tongkat dan berikan rewards atau hadiah. Untuk hadiah, Anda bisa memberikan milet yang diletakkan dalam wadah khusus.

Dalam pengenalan clicker, kita harus berusaha meyakinkan cockatiel bahwa jika tongkat disodorkan, itu berarti dia akan menerima pakan sebagai hadiah. Dengan demikian, burung akan selalu berusaha menggapai agar bisa menyentuh tongkat tersebut.  Lakukan hal ini beberapa kali sampai burung bisa menerima dan memahaminya.

Memulai pelatihan burung cockatiel

Setelah burung sudah mengenal clicker, Anda bisa memulai latihan yang sebenarnya. Misalnya Anda melatihnya ketika burung berada di tenggeran.
Sodorkan tongkat clicker di tempat yang agak jauh. Jika burung mulai mendekat, lalu menyentuh tongkat, maka tekan clicker dan berikan rewards / hadiahnya.
Berikutnya, lakukan hal yang sama, tetapi kali ini pada jarak yang lebih jauh daripada sebelumnya. Misalnya 1 meter. Jika burung terbang menghampiri tongkat  dan menyentuhnya, tekan clicker dan berikan pakan sebagai rewards.
Lakukan terus hal ini hingga beberapa kali, dan dalam jarak yang bervariasi. Kata kunci dalam setiap melatih burung paruh bengkok adalah kesabaran, konsistensi (rutin), dan bertahap.

Melatih burung terbang ke tangan

Letakkan burung cockatiel dalam tenggerannya, lalu dalam jarak jauh (1 meter), angkat lengan Anda, dan pukul-pukulkan tongkat clicker pada lengan Anda.
Jika burung terbang lalu hinggap di lengan Anda, segera bunyikan clicker dan berikan hadiahnya.

Lakukan juga pada tempat lainnya, misalnya dengan menunjukkan tongkat clikcer pada kursi / lokasi lainnya, yang memudahkan burung untuk terbang lalu hinggap pada benda yang dimaksud untuk mendapatkan hadiahnya.

Jika hal ini dilakukan secara rutin dan terus-menerus setiap hari, burung cockatiel akan mudah dilatih tanpa menggunakan clicker. Selain itu, Anda juga bisa menyuruh burung untuk melakukan beberapa gaya dan atraksi lainnya, karena burung sudah mengerti apa maksud dan tujuan dari tongkat, clicker, dan tangan Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Sumber : omkicau.com

Posting Komentar untuk "DASAR-DASAR PELATIHAN BURUNG COCKATIEL"