Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Burung Lovebird Sukses Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Lovebird Sukses Untuk Pemula

Ada beberapa pokok bahasan yang akan kita bahan dalam panduan lengkap cara ternak burung lovebird untuk pemula kali ini dimana biar tidak panjang lebar akan kami bagi menjadi beberapa sub bahasan yang insyaallah akan kita jabarkan secara detail sehingga bisa dimengerti untuk anda para pemain baru dalam hal breading burung lovebird ini.

Berikut ini beberapa poit penting atau yang sekirangnya wajib kita ketahui sebelum beternak burung lovebird agar sukses dan berhasil diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tips memilih indukan burng lovebird untuk diternakan
2. Persiapan sangkar burung lovebird
3. Tempat yang tepat untuk beternak burung lovebird
4. Pakan ternak burung lovebird
5. Vitamin dan extra fooding burung  lovebird
6. Proses penjodohan burung lovebird
7. Proses bertelur, inkubasi dan penetasan
8. Perawatan burung lovebird baby
9. Sortir anakan burung lovebird prospek
10. Umur dan pemasangan ring pada lovebird

Dan jangan sampai anda lewatkan satu point pun yang kami sampaikan dalam panduan lengkap cara beternak burung  lovebird untuk pemula yang sukses ini agar ada bisa mempraktekannya.

Tips memilih indukan lovebird yang baik untuk diternakan

  1. Pilihan yang pertama pastinya kita memilih calon indukan yang ideal adalah yang sehat lincah.
  2. Usia ideal burung  lovebird untuk diternakan adalah usia antara 8 hingga 9 bulan dimana pada usia ini lovebird sudah matang untuk diternakan, namun lebih bagus lagi adalah usia yang diatas 1 tahun.
  3. Agar anakan yang dihasilkan adalah anakan yang bagus, oleh karena itu pilih indukan dengan postur tubuh proposional dalam artian memiliki postur standar layaknya burung lovebird pada umumnya, memiliki leher yang ideal dengan kepala yang kokoh, kaki tidak cacat serta bulu dan ekor yang rapih. 
  4. Apabila tujuan ternak kita adalah fokus untuk berternak burung lovebird lomba, maka pilihlah dari indukan jantan dan betina yang memiliki materi atau durasi ngekek panjang.

Ada 3 poin mudah dalam melihat indukan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lovebird harus memiliki mental dan pergerakan yang gesit serta agresif, hal ini menunjukkan bahwa burung lovebird tersebut sehat dan layak untuk dijadikan indukan tentu harus memiliki suara keras, kasar dan memiliki ngekek panjang.
  • Lovebird memiliki warna bulu yang cerah, rapih dan rapat. Jangan sampai memilih indukan lovebird yang memiliki bulu kusam, kusut atau bulu mengembang.
  • Lovebird memiliki sorot mata tajam dan jernih, itu menandakan bahwa kondisi lovebird optimal. Hindari memilih indukan burung lovebird yang sorot matanya layu.
Dari penilaian di atas bisa kita simpulkan bahwa indukan terbaik adalah indukan yang memang benar-benar sehat secara fisik.

Setelah kita masuk pemilihan indukan burung lovebird, perlu kami sampaikan pula bahwa pemilihan lovebird harus berdasarkan silsilah yang baik. Kita tidak tidak membahas tentang warna bulu karena pemilihan warna relatif karena hal tersebut bisa menyesuaikan keinginan peternak.

Persiapan Sangkar untuk ternak Burung Lovebird

Untuk saat ini sudah banyak dijual kandang box atau sangkar lovebird berukuran sedang maupun besar yang bisa sobat kicau mania beli dengan harga bervariasi.

Pemilihan ukuran kandang lovebird tidak jadi masalah, jangan sampai menyusahkan isi dompet, yang terpenting adalah saat burung lovebird sudah dijodohkan di dalam sangkar, kebersihan adalah faktor utama keberhasilan penangkaran burung lovebird. Burung Lovebird akan terasa nyaman bila sangkar yang ditempatinya besar dan bersih.

Posting Komentar untuk "Cara Ternak Burung Lovebird Sukses Untuk Pemula"