Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memberi Makan Anak Burung

Cara Mudah Memberi Makan Anak Burung

Memberi makan atau meloloh anak burung yang masih kecil merupakan kegiatan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Namun, ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah tanpa membutuhkan peralatan khusus.

Jika Anda saat ini sedang mencoba mengembangbiakkan atau berternak burung, suatu saat Anda pasti akan dihadapkan pada kegiatan ini, yaitu meloloh anakan burung. Dan berikut ini, saya mencoba membagikan tips dan cara meloloh anakan burung dengan cara yang mudah. Seperti pada contoh berikut ini adalah meloloh anakan Lovebird.

Memberi makan anak burung bukanlah hal yang tanpa sebab atau sebagian berpikir ini hanya membuang waktu saja karena dianggap pekerjaan induk burung. Tetapi ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan meloloh anak burung ini.

  1. Anak burung yang dilepas dari induknya, memungkinkan induk burung untuk bisa mulai bertelur kembali dan lebih cepat dalam meningkatkan produksi. Tentunya ini sangat diharapkan oleh para Breeder atau Anda yang sedang mencoba berternak burung.
  2. Anak burung lebih cepat besar jika pemberian makan benar-benar terpantau dan rutin dilakukan pada jam-jam anak burung membutuhkan makan.
  3. Anak burung akan mudah diajak berinteraksi dengan manusia karena sudah mulai beradaptasi sejak dini. Dan membuat burung mudah untuk dilatih. Bahkan sebagian orang sudah mulai membiasakan me-master anakan burung sejak dini, untuk mendapatkan burung unggulan.
  4. Anak burung lebih terpantau apabila terkena penyakit, sehingga bisa cepat dilakukan penanganan dan pengobatan.
  5. Menyelamatkan anak-anak burung dari induk yang kurang pandai merawat anaknya.
  6. Memungkinkan untuk bisa mendapatkan burung yang berkualitas layaknya burung import. Karena pemberian makanan yang berkualitas sejak dini dengan gizi yang lebih terpantau, sehingga burung bisa cepat menjadi bongsor, dan memiliki suara yang baik saat dewasa kelak. Semua itu bisa didapat karena pemberian makanan yang bergizi sejak masih kecil.

Alternatif Membuat Ransum Anak Burung

1). Menggunakan bubur bayi. 

Membuat ransum untuk lolohan anak burung ini bisa menggunakan bubur bayi yang banyak dijual di toko dan swalayan. Ini cara yang paling mudah dalam membuat ransum. Tinggal mencampurnya dengan air hangat dan diaduk sampai menjadi bubur lembut, dan pemberian lolohan dilakukan selagi bubur masih hangat.

2). Menggunakan campuran sayuran. 

Anda bisa membuat sendiri bubur dari campuran beberapa sayuran berikut ini :
- Jagung manis (sebanyak 90% dari campuran), taoge, dan madu.
- Bisa ditambah dengan batang daun kangkung dan vitamin lain seperti minyak ikan.
Campur semua sayuran dengan cara diblender lalu disaring.

3). Menggunakan pur ayam pedaging.

Pur ayam sebelumnya diayak terlebih dahulu supaya terambil tekstur yang lembut. Membuat ransum menggunakan pur ayam ini sebaiknya dicampur dengan bubur bayi, dan pastikan pur ayam benar-benar masih bagus dan bersih.

4). Menggunakan dog food.

Dog food yang biasa diberikan pada anjing ras ini juga bisa menjadi makanan alternatif untuk lolohan anak burung. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi diharapkan mampu membuat burung yang diternakkan menjadi lebih sehat.

Pemberian pada burung berkicau seperti Cucakrowo dan Murai batu, bisa memacu produksinya. 

Juga pemberian pada Perkutut lewat induk asuh (puter), dipercaya bisa membongsorkan anak-anaknya. Saat berumur 2 bulan lebih, anakan yang diberikan dog food bisa mengeluarkan suara agungan layaknya perkutut yang sudah cukup umur, komplit dengan suara depan, tengah, dan ujung.

Cara membuat bubur lolohan dengan dog food ini, yaitu dengan mencampur atau direndam terlebih dahulu di dalam sedikit air sampai dog food menjadi lembek, kemudian aduk sampai menjadi bubur.

5). Pelet ikan

Pelet ikan yang biasa diberikan pada ikan lele, ikan mas atau gurame ini bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk lolohan anak burung, dengan cara merendam atau membasahi dengan air terlebih dahulu.


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memberi Makan Anak Burung "