Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Jaringan Komputer Intranet

 

Penjelasan Jaringan Komputer Intranet
Jaringan Komputer Intranet

Pada zaman sekarang yang maju dan sudah melek IT seperti sekarang pastinya kita sudah pernah mendengar tentang internet atau bahkan sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain internet ada juga jaringan yang bernama intranet.

Intranet merupkan suatu jaringan privasi yang terhubung dengan menggunakan protokol internet TCP/IP dengan tujuan berkomunikasi dan mengirim informasi rahasia hanya dalam lingkup terbatas seperti sekolah atau perusahaan.

Intranet umumnya digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan dan tidak dapat diakses oleh pihak luar secara umum.

Pengertian dan Penjelasan Jaringan Intranet

Intranet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan dimanfaatkan oleh suatu sistem organisasi atau lembaga.

Definisi lain dari intranet adalah suatu jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti jaringan internet, tetapi pemakaiannya lebih terbatas dan tertutup atau hanya orang atau pengguna tertentu saja yang bisa memakai jaringan tersebut.

Ada juga beberapa pengertian dari intranet menurut beberapa ahli, antara lain:

1. Miftakul Amin

Menurut Miftakul Amin, intranet merupakan LAN atau Local Area Network yang menggunakan standar komunikasi dan semua fasilitas internet sehingga bisa diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

2. Turban, King, Lee, dan Liang

Intranet adalah suatu jaringan perusahaan, organisasi, atau pemerintah yang memanfaatkan tools dalam internet seperti internet protokol dan web browser serta digunakan oleh perusahaan sebagai sarana kolaborasi dan komunikasi.

3. O’Brien dan Marakas

Menurut O’Brien dan Marakas pada tahun 2011, intranet merupakan teknologi internet seperti server, web browser, TCP/IP protokol jaringan, database, penerbitan HTML hypermedia, dan lain-lain untuk menyajikan lingkungan internet dalam suatu perusahaan guna berbagi informasi, kolaborasi, komunikasi, serta dukungan dari proses bisnis.

Perbedaan Intranet, Internet, dan Ekstranet

Intranet adalah jaringan teknologi informasi yang lebih privat dan sempit daripada internet

Jaringan ini memungkinkan untuk membuat ruang kerja digital perusahaan yang berpusat di setiap orang, percakapan, dokumen, dan proyek dalam perusahaan.

Dengan teknologi ini biasanya perusahaan akan memulai dengan menerbitan tetang kebijakan dan keselamatan, tentang acara perusahaan, serta bulletin staf.

Dengan kata lain jaringan ini bisa digunakan sebagai portal penyedia akses ke semua hal yang diperlukan para karyawan.

Internet adalah jaringan paling luas dalam teknologi informasi yang memungkinkan seluruh dunia bisa saling terhubung.

Jaringan internet bisa diakses oleh publik yang mengirimkan data dengan menggunakan Protokol Internet (IP).

Informasi yang ada dan tersebar di internet bisa diakses melalui jaringan World Wide Web (WWW) baik berupa teks, foto, musik, video, atau apapun itu.

Sedangan ekstranet merupakan intranet yang bisa diakses oleh beberapa orang di luar perusahaan atau mungkin juga dibagikan oleh lebih dari satu organisasi atau perusahaan.

Ekstranet ini sedikit lebih luas daripada intranet dan lebih kecil daripada internet.

Perbedaan jaringan bedasarkan jangkauan

Ketiga jenis jaringan komputer ini mempunyai luas cakupan dan juga jangkauan jaringannya yang berbeda.

Jika dilihat dari cakupan dan jangkauan wilayahnya maka intranet-lah yang memiliki cakupan wilayah paling kecil.

Biasanya cakupan wilayahnya sama seperti cakupan wilayah LAN.

Hanya mencakup internal organisasi, perusahaan ataupun instansi tertentu saja, dan tidak bisa diakses secara umum.

Internet adalah jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang paling luas.

Internet ini bisa diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Semua informasi yang bergerak di dalam jaringan internet bisa dibaca dan juga diakses oleh siapa saja tanpa batasan apapun.

Lebih singkatnya cakupan wilayah atau jaringan internet adalah seluruh dunia.

Ekstranet ini sebetulnya mempunyai cakupan wilayah yang sama dengan internet, tetapi mempunyai tambahan fungsi yang lebih kompleks karena melibatkan jaringan intranet di dalamnya.

Dengan demikian, cakupan dan jangkauan wilayah yang digunakan oleh ekstranet ini sama seperti internet yaitu seluruh dunia dan bisa diakses oleh siapa saja.

Perbedaan jaringan bedasarkan perangkat keras

Berdasarkan perangat keras jaringan yang digunakan, ketiga jaringan komputer ini juga mempunyai beberapa perbedaan.

Intranet membutuhkan perangkat keras komputer yang lebih sedikit, sederhana, dan simple karena kebutuhannya yang hanya bersifat internal dan lokal.

Maka dari itu jaringan komputer intranet hanya membutuhkan sedikit perangkat keras seperti router, switch, NIC, kabel, dan lain sebagainya.

Internet pastinya memerlukan perangkat keras lebih canggih dari pada intranet.

Internet membutuhkan komputer server dengan spesifikasi menenganh ke atas serta sistem transmisi yang kuat karena cakupan wilayahya adalah seluruh dunia.

Ekstranet memerlukan perangat keras tambahan yang bisa menghubungkan jaringan intranet ke jaringan internet.

Beberapa perangkat tambahan itu seperti access point, router, modem, dan lain sebagainya.

Perbedaan jaringan bedasarkan tujuan yang dibuat

Jarigan intranet hanya diperlukan untuk kebutuhan internal atau kebutuhan lokal dari sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan.

Biasanya intranet dibuat guna memudahkan pengguna dalam berbagi file dan juga dokumen internal organisasi atau perusahaan.

Berbeda dengan internet, internet dibuat dengan tujuan agar setiap komputer dan pengguna di seluruh dunia bisa saling terhubung satu sama lain tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Secara umum internet ini dibuat dengan tujuan utama adalah untuk memudahkan komunikasi dari seluruh pengguna yang ada di dunia secara terbuka dan bebas.

Ekstranet biasanya dibuat dengan tujuan untuk menyosialiasikan atau memberikan berbagai informasi internal milik perusahaan ke dalam jaringan internet.

Biasanya untuk perusahaan yang mempunyai program-program seperti program bakti sosial, program CSR, dan lain sebagainya.

Perbedaan jaringan bedasarkan informasi yang disimpan dalam jaringan

Biasanya informasi yang disimpan dalam jaringan komputer intranet adalah informasi-informasi yang bersifat penting, darurat, rahasia, dan tidak boleh sampai bocor ke publik.

Informasi itu biasanya berisi transaksi-transaksi, lobi-lobi, laporan keuangan, dan hasil rapat internal dari para petinggi perusahaan atau organisasi.

Jauh berbeda dengan intranet yang mana biasanya informasi dan data yang disimpan dalam internet lebih terbuka, mudah diakses dan sifatnya tidak rahasia yang jika terbongkar maka akan sangat merugikan.

Hal-hal sederhana seperti artikel kesehatan, obrolan-obrolan, informasi umum tentang diri sendiri, dan juga data yang tersimpan dalam jaringan internet.

Informasi dan data yang ada pada jaringan esktranet biasanya adalah informasi mengenai perusahaan atau organisasi yang ingin dikeluarkan pada publik seperti profil perusahaan, karir, laporan laba rugi, kegiatan sosial, dan juga strukur organisasi adalah beberapa hal yang umum bersasal dari lingkungan internal tapi disebarkan ke publik melalui koneksi ekstranet.

Fungsi Jaringan Komputer Intranet

Sama seperti internet, intranet juga sangat bermanfaat bagi memudahkan pekerjaan manusia.

Fungsi utama dari intranet untuk perusahaan yaitu sebagai media komunikasi antara stakeholder dalam sebuah perusahaan bisa antar karyawan, manajer dengan karyawan, atau dalam lingkup sekolahan bisa antar siswa, siswa dengan guru, dan lain sebagainya.

Intranet menyediakan berbagai aplikasi yang memungkinkan kita bisa berkomunikasi secara dua arah seperti email, chatting, bulletin boards, newsgroups, dan masih banyak lagi.

Jaringan ini berfungsi untuk menghemat waktu, seperti dalam instansi pemerintahan proses surat menyurat pun menjadi lebih efektif jika dilakukan melalui intranet.

Selain itu juga bisa menghemat biaya karena pembuatan jaringan intranet biayanya lebih terjangkau daripada pembuatan jaringan pribadi lainnya.

Selain itu, dengan adanya intranet perusahaan, sekolah, atau instansi pemerintah juga bisa menghemat banyak kertas karena sudah menggunakan web pages.

Intranet juga bisa untuk meningkatkan efektivitas kerjasama tim.

Jaringan ini merupakan media penghubung antara orang-orang yang berkepentingan seperti karyawan, manajer, direktur, dan lain-lain untuk saling berbagi informasi.

Dengan adanya teknologi jaringan ini, para karyawan bisa mengakses data dan juga membentuk tim kerja.

Hal ini menjadikan tugas bisa dikerjakan secara bersamaan bahkan lebih mudah dan cepat.

Manfaat Jaringan Komputer Intranet

Seperti yang telah disebutkan bahwa intranet memiliki fungsi utama dalam menghubungkan beberapa komputer atau perangkat jaringan dalam suatu organisasi. Selain itu, ada fungsi dan manfaat lain dari intranet, diantaranya adalah:
  1. Memudahkan pekerjaan. Dengan menggunakan intranet, setiap perangkat atau orang dalam sebuah organisasi dapat bertukar informasi baik antar divisi, maupun secara horizontal dan vetikal dengan mudah sehingga lebih memudahkan dalam bekerja.
  2. Efisiensi biaya dan waktu. Adanya intranet dapat meningkatkan efisiensi biaya serta waktu yang dibutuhkan dalam bekerja.
  3. Operasi dan manajemen. Dengan kemudahan intranet di dalam perusahaan sangat membantu proses operasional dan pengambilan keputusan, baik secara internal maupun antar organisasi.
  4. Lebih modern. Dengan sistem intranet, suatu organisasi lebih modern dalam melakukan komunikasi dan bekerjasama dalam memungkinkan munculnya berbagai ide untuk kemajuan organisasi.

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Sama dengan teknologi sebelum-sebelumnya, intranet sebagai suatu teknologi juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan intranet, diantaranya adalah:

Kelebihan 
  • Membantu proses komunikasi dan kerjasama antar individu dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  • Bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam angka meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.
  • Memudahkan terjalinnya keseragaman informasi yang diterima oleh setiap orang dalam organisasi.
  • Dapat meningkatkan kualitas kerjasama tim dalam organisasi karena mudah mengakses informasi internal.
  • Membantu meningkatkan respon terhadap kebutuhan dan keluhan pelanggan melalui layanan pelanggan.
  • Meningkatkan efisiensi biaya dan waktu sesuai dengan kebutuhan (workflow, kolaborasi, enterprise connectivity).
  • Memiliki fasilitas-fasilitas layaknya jaringan internet berupa email, FTP, Telnet, Rlogin, SMNP, dll sehingga mempermudah aktivitas.
Kekurangan 
  • Memerlukan pelatihan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendidik anggota dalam menggunakan intranet.
  • Membutuhkan tenaga ahli dalam membangun dan mengembangkan intranet dalam suatu organisasi karena tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.
  • Memungkinkan terjadinya overload (data penuh) karena bebasnya pengiriman pesan antar pengguna intranet jika tidak dilakukan kontrol yang tepat.
  • Dapat menyebarkan informasi yang salah juga mungkin beredar melalui intranet, sehingga kesadaran moral setiap pengguna sangat diperlukan.
  • Intranet dapat berdampak kepada banyak resource yang digunakan sehingga membutuhkan biaya lagi untuk membangun server yang handal.
Demikian itulah penjelasan singkat tentang intranet dari pengertian, sejarahnya, manfaat, serta kelebihan dan kelemahan intranet. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar untuk "Penjelasan Jaringan Komputer Intranet"