Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Notasi CIDR IP Versi 4

 

notasi cidr ip v 4
CIDR IP Versi 4

Penjelasan Tentang CIDR (Classless Inter Domain Routing)

Classless Inter-Domain Routing (disingkat menjadi CIDR) adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat-alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E. Disebut juga sebagai supernetting.

Classless Inter Domain Routing (CIDR) merupakan cara pengganti atau alternatif dalam klasifikasi alamat IP kelas A, B, C, D, hingga E. CIDR juga disebut sebagai SUBNETTING .

Misal 255.255.255.0 /24

CIDR merupakan mekanisme routing yang lebih efisien dibandingkan dengan cara yang asli, yakni dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C. Masalah yang terjadi pada sistem yang lama adalah bahwa sistem tersebut meninggalkan banyak sekali alamat IP yang tidak digunakan.

Sebagai contoh, alamat IP kelas A secara teoritis mendukung hingga 16 juta host komputer yang dapat terhubung, sebuah jumlah yang sangat besar. Dalam kenyataannya, para pengguna alamat IP kelas A ini jarang yang memiliki jumlah host sebanyak itu, sehingga menyisakan banyak sekali ruangan kosong di dalam ruang alamat IP yang telah disediakan.

CIDR dikembangkan sebagai sebuah cara untuk menggunakan alamat-alamat IP yang tidak terpakai tersebut untuk digunakan di mana saja. Dengan cara yang sama, kelas C yang secara teoritis hanya mendukung 254 alamat tiap jaringan, dapat menggunakan hingga 32766 alamat IP, yang seharusnya hanya tersedia untuk alamat IP kelas B.

Menentukan notasi CIDR

Langkah – langkah untuk mengubah notasi sub network desimal menjadi biner adalah sebagai berikut :

Misal pada sub network Classfull IP Address kelas C adalah :
255.255.255.0

maka apabila nilai 255 diubah menjadi bilangan biner (8 oktet) adalah :
11111111

Maka untuk sub network kelas C apabila di tuliskan dalam bentuk binernya adalah :
11111111. 11111111. 11111111.00000000

Dengan demikian, dengan jumlah angka 1 sebanyak 24.

Maka notasi sub network kelas C pada CIDR dituliskan dalam /24 (terdapat 24 biner 1).

Tabel Notasi CIDR yang digunakan untuk IP V4:

Tabel Notasi CIDR




Posting Komentar untuk "Notasi CIDR IP Versi 4"