Bikin Strutbar Sendiri Untuk Mobil Avanza

 

https://www.mediainformasionline.com/2020/11/bikin-strutbar-sendiri-untuk-mobil.html
Bikin Strutbar Sendiri Untuk Avanza

Jika kita melihat ruang mesin mobil sport atau modifikasi, biasanya ada sebuah palang yang melintang yang menghubungkan kedua sisi sasis. Palang tersebut biasa disebut strutbar atau strutbrace.

Strutbar dipasang untuk menghubungkan sisi kanan dan kiri strut tower yang menjadi mounting point dari shockbreaker ke bagian sasis mobil.

Jika tekanan tersebut seimbang, handling dari mobil saat belok menjadi lebih stabil. Selain menjaga keseimbangan tekanan pada suspensi, strutbar juga mengurangi gejala body roll yang diakibatkan perubahan camber saat hard cornering.

Sebenarnya kalau berkendara secara normal sehari-hari di perkotaan sebenarnya tidak berpengaruh. Pemahaman yang salah juga kalau ada yang bilang strutbar bikin mobil stabil saat ngebut di jalur lurus, strutbar lebih cocok buat mobil-mobil balap yang bakal sering melakukan cornering. Tapi kalau mau menambahkan kosmetik ke ruang mesin ya sah-sah saja sih. 

Apa dampak negatifnya? Ketika suspensi kanan dan kiri menjadi terhubung sepanjang waktu, ayunannya menjadi lebih tertahan. 

Efek yang bisa dirasakan oleh pengendara adalah rasa tidak nyaman ketika melewati hambatan kecil seperti jalanan tidak rata, lubang kecil, hingga speed bumps. 

Inilah yang membuat strutbar memang tidak tersedia di semua mobil, khususnya dari standar bawaan pabrikan. 

Kembali ke pernyataan sebelumnya, strutbar yang memang lebih sering terlihat di dalam kap mesin mobil balap memang lebih membuat nyaman. 

Apalagi aspal yang dilalui juga pasti lebih mulus. Kecuali memang Anda ingin memodifikasi mobil agar terlihat lebih esensial, maka tidak ada salahnya menggunakan strutbar.


Post a Comment

0 Comments