Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula

Mudah Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula
Cara membuat blog di blogger

Halo sahabat bloger... yuckkk kita belajar blog agar tidak goblog...hehehehe...
Pada kesempatan ini kita membahas bagaimana cara membuat blog di bloger bagi pemula yang berkeinginan dan bertekat untuk belajar, baik untuk yang berkeinginan belajar saja maupun yang ingin berbisnis.

Dan Anda suka menulis dan tertarik untuk bermain blogging? Tapi sepertinya Anda masih bingung untuk memulai dan belum mau mengeluarkan banyak biaya. Tenang saja, cara membuat blog atau website tidak susah kok dan bisa dilakukan secara praktis dan gratis.

Lalu, bagaimana sih cara membuat blog sendiri tanpa harus memiliki skill coding dan tanpa bantuan web developer? Tim Tonjoo akan membantu menjawab pertanyaan Anda melalui pembahasan artikel berikut ini.

  • Beda antara blog dengan website.
  • Platform yang dapat dipakai untuk membuat blog dan website
  • Panduan tutorial membuat blog secara gratis.
  • Tips cara membuat blog yang baik dan dapat menghasilkan uang.

Selain itu membuat blog tidak hanya melalui komputer/Labtop saja, namun sahabat bloger juga dapat membuat melalui HP juga.

Ada 2 tipe untuk belajar membuat blog :
  1. Sahabat ingin untuk belajar saja.
  2. Sahabat ingin sukses berbisnis melalui blog dan sahabat untuk menghasil uang.

Itu semua tengantung pilihan sobat, pada tipe yang ke 2 tersebut sahabat perlu bekerja keras dan fokus, contohnya berbisnis menjual produk di blog sahabat dan menghasilkan uang dari blog...namun menghasilkan uang dari blog bukan perkara  hal yang mudah tapi sekali berhasil... wowwww...mantap...!!! Tapi jangan bermimpi dulu terlalu tinggi untuk dapat menghasilkan uang banyak dari blog, sahabat perlu belajar dulu... hihihihihihi..

Blog atau Website, Apakah Berbeda?

Istilah blog dan website sudah sering muncul dan mungkin cukup akrab di telinga Anda. Lantas, apakah kedua nama tersebut memiliki arti dan rujukan yang sama. Ternyata tidak lho.

Meskipun cenderung mirip, kedua platform ini sangat berbeda dari berbagai hal. Website adalah situs yang mengandung sekumpulan halaman web yang dapat diakses online. Sementara itu, blog atau web log adalah jenis website yang berisi postingan artikel dengan berbagai macam topik.

Perbedaan pertama dari kedua platform ini adalah dari segi sifatnya. Website bersifat statis karena kontennya sangat jarang mengalami perubahan. Sedangkan blog cenderung lebih dinamis sebab konten selalu berubah dan rutin di update.

Perbedaan blog dan website yang kedua adalah dari segi kolom komentar. Website tidak mempunyai kolom komentar pada halamannya. Di sisi lain, blog memiliki fitur kolom komentar. Sehingga memungkinkan berkomunikasi secara dua arah dengan visitor.

Perbedaan selanjutnya adalah mengenai menu author, kategori, serta tanggal posting. Anda akan melihat ketiga aspek ini muncul di bagian atas sebuah postingan blog. Namun, Anda tidak akan menemukan elemen semacam itu pada sebuah website.

Selain itu, ciri khas lain blog adalah memiliki topik atau niche yang bermacam-macam. Sehingga platform ini kerap dijadikan sebagai media untuk membuat catatan diary, majalah online, tutorial, dll. Itulah mengapa blog cocok dijadikan platform untuk mengembangkan skill menulis.

Bagaimana Cara Membuat Blog / Website secara Gratis?

Setelah memilih layanan mana yang hendak Anda gunakan, sekarang waktunya untuk membuat akun tanpa ribet! Seperti apa cara membuat blog di HP menggunakan WordPress dan Blogger yang mudah dan praktis? Ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Mari kita lanjut bagaimana cara membuat blog.... Di sini sahabat dapat belajar membuat blog secara gratis...

Untuk membuat Blog di Blogger sahabat perlu memiliki akun google, jika sahabat sudah memiliki email gmail sahabat tidak perlu lagi buat akun google, sahabat dapat langsung membuat blog.

Langsung saja sahabat kunjungi www.blogger.com untuk dapat mendaftar akun blogger, maka akan muncul tampilan berikut : dan selanjutnya klik pada menu Buat Blog dan Log In.



  • Klik tulisan Buat Akun yang ada di bawah form isian Log In "Apa bila sahabat sudah memilikin akun google langsung saja Log In".

  • Isi biodata sahabat pada formulir yang sudah disediakan.
  • Kalau sudah selesai klik menu Langkah Berikutnya
  • Dan selamat akun bloger sahabat sudah terdaftar, dan bukan hanya untuk akun blogger saja, anda juga sudah memilikin email dan dan akun youtube.
  • Silahkan sahabat klik menu Lanjut ke Blogger
Sekarang sahabat sudah memiliki akun blogger, itu artinya sahabat sudah dapat membuat blog sendiri dengan URL, Judul Blog dan Tampilan Blog sahabat.

Kalau sahabat sudah berada pada halaman blogger atau Dashbor maka disana ada menu untuk dapat membuat Blog Baru.


Silahkan sahabat klik tombol tersebut seperti pada gambar di atas yang berkotak merah, maka akan muncul tampilan sepeserti dibawah:


Pada tampilan diatas sahabat isi pada Judul "isi sesuai dengan keinginan sahabat, contoh sahabat bikin misalkan Informasi Tentang Komputer". Lalu pada Alamat "isi dengan url/alamat blog sahabat, contoh url/alamat : mediainformasi.blogspot.com atau putroe-ijoe.blogspot.com, dsb. Lalu sahabat ke menu Template "silahkan pilih tampilan yang sahabat suka, jika semuanya sudah selesai, sahabt ting klik menu Buat blog!

Selamat blog sahabat selesai di buat..!! horeeeee...

Sekilah Info dan Saran...!!  Baca dan pahami kebijakan konten yang diperbolehkan bloger, Klik di Sini dan usahakan jangan melanggar aturan.

Selanjutnya sahabat dapat membuat sebuah postingan pada blog sahabat...!!

Untuk membuat psotingan sahabat dapat klik pada Entri baru, maka akan muncul tampilan berikut:


Keterangan :
  1. Untuk menulis judul postingan/artikel.
  2. Untuk menulis isi postingan/artikel.
  3. Untuk menulis Label, contoh label "Tips dan Trik, Tutorial, dll".
  4. Untuk membuat jadwal kapan postingan/artikel yang diterbitkan.
  5. Untuk tautan pemanen yang fungsinys mengubah url postingan/artikel yang sahabat terbitkan.
  6. Untuk menunjukkan lokasi "sebaiknya jangan di rubah-rubah".
  7. Untuk deskripsi penelusuran, "jika menu yang ini ada, isi deskripsi secara singkat tentang postingan/artikel sahabat". Deskripsi ini akan terlihat pada hasil penelusuran google.
  8. Untuk pilihan "Lewati saja menu ini, tidak perlu diubah.
  9. Compose: Untuk mempermudah penulisan postingan/artikel tanpa harus paham kode html.
  10. HTML : Untuk menulis artikel dengan kode html.
  11. Untuk mengubah font tulisan.
  12. Untuk mengubah ukuran tulisan.
  13. Untuk mengubah tulisan menjadi heading (H2), subheading (H3) dan miror heading (H4).
  14. Untuk mengubah warna tulisan.
  15. Untuk menambahkan warna latar belakang.
  16. Untuk menambahkan link tautan.
  17. Untuk menambahkan gambar pada postingan/artikel.
  18. Untuk menambahkan video pada postingan/artikel.
  19. Untuk emanmbahkan icon atau karakter khusu.
  20. Untuk memotong postingan/artikel pada halaman awal.
  21. Untuk membuat blockquote.

Nah sahabat blogger, itulah sedikit informasi pada menu tampilan postingan blogger. Perlu sahabat keatui tidak semua menu tampilan diatas ada saat pertama sekali sahabat membuat blog.
Menurut saya yang perlu sahabat pelajari adalah pada menu 1,2,3,5,7,9,10.

Cukup sekian dulu sahabat yang ingin belajar blog agar gak goblog... hehehehe....

Posting Komentar untuk "Mudah Membuat Blog di Blogger Bagi Pemula"