Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Eksternal

Perangkat Eksternal
Perangkat Eksternal

Perangkat Eksternal

Mesin komputer akan memiliki nilai apabila bisa berinteraksi dengan dunia luar. Lebih dari itu, komputer tidak akan berfungsi apabila tidak dapat berinteraksi dengan dunia luar. Ambil contoh saja, bagaimana kita bisa menginstruksikan CPU untuk melakukan suatu operasi apabila tidak ada keyboard. Bagaimana kita melihat hasil kerja sistem komputer bila tidak adamonitor.Keyboard dan monitor tergolong dalam perangkat eksternal komputer.

Perangkat eksternal yang dihubungkan modul I/O seringkali disebut perangkat peripheral, atau untuk mudahnya disebut peripheral.

Sistem komputer tidak akan berguna tanpa adanya peralatan input dan output. Operasi-operasi I/O diperoleh melalui sejumlah perangkat eksternal yang menyediakan alat untuk pertukaran data di antara lingkungan luar dengan komputer. Perangkat eksternal dihubungkan dengan komputer oleh suatu link dengan modul I/O.

Link digunakan untuk pertukaran kontrol, status, dan data antara modul I/O sering kali disebut sebagai perangkat peripheral, atau untuk mudahnya disebut peripheral.

Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori :
  1. Human Readable yaitu perangkat yang berhubungan dengan manusia sebagai pengguna komputer. Cocok untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer. Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.
  2. Machine readable yaitu perangkat yang berhubungan dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atau sistem. cocok untuk berkomunikasi dengan peralatan.
  3. Communication yaitu perangkat yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.Misalnya: NIC dan modem. cocok untuk berkomunikasi dengan perangkat jarak jauh.
Interface ke modul I/O adalah dalam bentuk signal-signal control, status dan data.

Cara Kerja Perangkat Eksternal Secara Umum

Perangkat eksternal dihubungkan dengan komputer oleh suatu link dengan modul I/O. Link digunakan untuk pertukaran control, status dan data antara modul I/O dengan perangkat eksternal.

Data berbentuk sekumpulan bit untuk dikirimkan ke modul I/O atau diterima dari modul I/O. Control Signal menentukan fungsi-fungsi yang akan dilakukan perangkat, seperti mengirimkan data ke modul I/O (INPUT atau READ), menerima data dari modul I/O (OUTPUT atau WRITE), report status, atau membentuk fungsi control tertentu ke perangkat. Signal status menandai status perangkat. Misalnya READY/NOT READY untuk menunjukan kesiapan perangkat untuk mengirimkan data.

Control logic berkaitan dengan perangkat yang mengontrol operasi perangkat dalam memberikan respons yang berasal dari modul I/O. Transducer mengubah data dari energi listrik menjadi energi lain selama berlangsungnya output dan dari bentuk energi tertentu menjadi energi listrik selama berlangsungnya input. Umumnya, suatu buffer dikaitkan dengan transducer untuk menampung sementara data yang ditransfer di antara modul I/O dan dunia luar. Ukuran buffer yang umum adalah 8 hingga 16 bit.

Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode binary (binary encoded information). Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung. Perangkat input langsung yaitu input yang digunakan langsung diproses di CPU, tanpa melalui media lain. Sedangkan perangkat input tidak langsung adalah input yang dimasukkan tidak langsung dip roses di CPU.

Cara Koneksi Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal dapat dipasang melalui saluran, port, atau colokan tertentu. Pada komputer PC, saluran ini biasanya adalah saluran serial, saluran paralel, saluran USB, dan saluran PCMCIA. Dalam beberapa aplikasi, misalnya untuk menggabungkan dengan telepon seluler, dapat juga digunakan saluran inframerah (IrDA).

Tujuan Communication Synchronization adalah agar data yang dikirimkan dapat ditafsirkan (dimengerti) oleh penerima dengan tepat dan benar.

Fungsi sinkronisasi:

  • Agar penerima mengetahui dengan tepat dan benar apakah sinyal yang diterima merupakan bit dari suatu data (sinkronisasi bit).
  • Agar penerima mengetahui dengan tepat bit data (data bit) yang membentuk sebuah karakter (sinkronisasi karakter).

Perangkat-perangkat komunikasi memungkinkan komputer untuk saling bertukar data dengan perangkat jarak jauh, yang mungkin berupa perangkat human-readable, serperti terminal, perangkat mesin readable, atau bahkan komputer lainnya.

  • Port Komputer hardware berfungsi sebagai antarmuka sebuah komputer dengan komputer atau device lain.
  • Port serial, jenis ini mengirim dan menerima data 1 bit pada saat melalui kabel tunggal. Digunakan antara lain : LCD
  • Port Paralel, dapat mengirim dan menerima sejumlah bit data pada satu saat melalui satu set kabel.
  • Universal Serial BUS, pengembangan dari port serial. Sejumlah vendor dari devais standar seperti mouse dan printer telah beralih ke USB. USB lebih memudahkan berkoneksi, plug and play, dirancang tidak bergantung kepada expansion slot, bila dipasang copot, tidak perlu me-reboot komputer.
  • USB hub, Sebuah USB hub selain dapat menampung sejumlah device, juga dapat menampung sejumlah USB hub.
  • PCMCIA, Alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer laptop (note book) dengan jaringan kabel , contohnya: 3 com.pcmcia ini sangat berguna sekali bagi pengguna note book agar terhubung dengan jaringan komputer.
  • Hub\Switch, Alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel pada sebuah jaringan komputer. jadi hub ini berfungsi sebagaikonsentrator dari sebuah jaringan selain itu, hub juga berfungsi untuk mengatur arus data yang masuk dan keluar server, bisa di ibaratkan hub ini seperti lampu lalulintas, bila tidak ada lampu lalulintas, dapat dipastikan banyak terjadi kemacetan atau tabrakan, ini pula dapat terjadi pada jaringan.
  • Nir Kabel, Bluetooth, Infra merah, wireless, dll
Dalam bahasa teknis, port komputer dibedakan menjadi dua, yaitu.
  • Port Secara Fisik : Port ini merupakan socket atau dudukan dengan jumlah kombinasi pin, lubang, dan dimensi tertentu yang berguna sebagai dudukan konektor peripheral eksternal.
Port Secara Fisik
Port Secara Fisik
  • Port secara logika sebagai layanan service : Port ini merupakan saluran atau alamat layanan secara logika dengan mekanisme tertentu yang memungkinkan terjadinya transmisi data pada komputer.
 Perangkat eksternal dapat diklarifikasikan menjadi tiga jenis:
Jenis perangkat eksternal
Jenis perangkat eksternal

Perangkat Input

Perangkat Input berfungsi untuk menerima masukan atau instruksi dari luar komputer dan meneruskannya ke CPU untuk diproses lebih lanjut.

Skema peralatan input ke CPU
Skema peralatan input ke CPU

Perangkat input dapat menjadi dua yaitu :

  • Peranti input tidak langsung

Peralatan ini dalam melakukan proses input-nya memerlukan alat bantu sebelum dikirimkan ke komputer, contohnya kartu berlubang (punched card), disket, dan harddisk.

  • Perangkat input langsung 

Data yang diinput akan langsung diproses dan dikirimkan ke modul I/O. Contohnya mouse, keyboard, touch screen, light pen, dan scanner.

Jenis peripheral  jika dilihat dari data yang diinput:

Jenis Perangkat
Jenis Perangkat

  • Perangkat Input Pengetikan

Peranti input pengetikan peranti jenis ini hanya dapat menerima masukan berupa karakter berupa angka, alfabet, simbol khusus, maupun operator aritmetika. Peripheral yang sering digunakan adalah keyboard.
Keyboard
Keyboard

  • Perangkat Input Petunjuk/Pointer

Perangkat keras jenis ini digunakan untuk memilih atau menunjuk objek dalam layar Windows yang ditampilkan perangkat monitor.

Jenis Mouse
Jenis Mouse

  • Perangkat Input Berupa Gambar

Peripheral ini dapat digunakan untuk mengambil data berupa gambar, baik yang sudah terformat maupun tidak terformat.

Barcode
Barcode

Peranti yang dapat digunakan untuk jenis gambar dengan beberapa format yaitu:

  1. Barcode reader
  2. OMR (optical mark recognition)
  3. OCR (optical character recognition)

  • Perangkat Input Suara

Peranti input suara merupakan peripheral yang mengubah datasuara menjadi data digital. Contohnya microphone dan touch tone.

  • Perangkat Input dengan Data lainnya

Memiliki spesifikasi khusus sehingga hanya dapat digunakan pada kondisi tertentu saja. Contohnya  RIFD (radio frequency identification device), Sensor suara Smart card reader, dan Magnetic ink character reader

Perangkat Output

Perangkat Output merupakan peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi,  dan informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar, dan suara.

  1. Monitor
  2. Speaker
  3. Printer

Perangkat Penyimpanan

Merupakan peranti yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan data.

1. Hard Drive 

Karakteristik utama hard drive adalah
  • Head moving : merupakan peranti yang bertugas melakukan pembacaan dan penulisan data pada piringan atau disk.
  • Disk portability : dua macam piringan jika dilihat dari penempatannya, yaitu permanent disk dan removable disk.
  • Surface : metode penggunaan hard drive dengan piringan sebagai media penyimpannya.
  • Sum of disk : peripheral ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu single platter dan multi platter.

2. USB flash drive

Dukungan kemampuan read-write data dengan siklus mencapai 100 ribuan kali, ringan, mudah dibawa, memiliki kapasitas penyimpanan data mencapai 32 GB, bahkan ukuran TB dalam jangka waktu 10 tahun.

3.  Disk Drive

Peranti yang berfungsi  untuk menggerakan atau memutar disk atau piringan data.

Perangkat Input/Output

Konsep kerja dari input output peripheral adalah kemampuan yang didukung oleh peranti dalam menerima setiap input data yang menuju kepadanya dan mengeluarkan data menuju peranti lainnya (output).

  • NIC (network interface card)

Fungsi NIC adalah sebagai peranti penghubung satu komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan yang tersambung melalui media transmisi tertentu, seperti kabel maupun wifi.

  • Modem atau modulator demulator

Modem internal adalah peranti input/output berupa kartu jaringan dengan 4 pin sambungan di dalam konektornya yang penggunaannya mirip dengan kartu jaringan atau NIC.

Posting Komentar untuk "Perangkat Eksternal"