Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar

Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar
Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar

Pengertian Gerbang Logika

Gerbang logika adalah sebuah blok, sirkuit, atau rangkaian dasar digital yang berfungsi mengolah setiap masukan dan keluaran data digital. Sebuah gerbang logika dapat menerima banyak masukan, namun hanya memiliki 1 keluaran.  Output yang dihasilkan hanya memiliki dua kemungkinan, yaitu true (1) atau false (0). Output tersebut bergantung pada operasi yang dilakukan terhadap input.

  • Gerbang Logika OR

Gerbang OR dapat menerima dua atau lebih input dan menghasilkan sebuah output. Gerbang ini akan menghasilkan nilai true apabila salah satu input-nya bernilai true. Nilai output (X) dari gerbang OR dapat digambarkan sebagai berikut.

rumus Gerbang Logika OR
Tabel kebenaran OR dengan 3 masukan

Gerbang Logika OR

  • Gerbang Logika AND

Gerbang AND dapat menerima dua atau lebih input dan menghasilkan sebuah output. Gerbang ini  akan menghasilkan nilai true hanya jika semua input-nya bernilai true. Nilai output (X) dari gerbang AND dapat digambarkan sebagai berikut.


rumus Gerbang Logika AND
Tabel kebenaran AND dengan 3 masukan

Gerbang Logika AND

  • Gerbang Logika NOT

Gerbang NOT atau inverter hanya menerima satu input dan menghasilkan sebuah output. Prinsip kerja gerbang logika ini sangat sederhana. Semua nilai input data yang diterima akan dibalik menjadi berlawanan, nilai 0 menjadi 1, dan sebaliknya, nilai 1 menjadi 0. Nilai output (X) dari gerbang NOT dapat digambarkan sebagai berikut.

rumus Gerbang Logika NOT
Tabel kebenaran gerbang NOT
Gerbang Logika NOT

  • Gerbang Logika NOR (NOT OR)

Gerbang NOR dapat menerima dua atau lebih input dan menghasilkan sebuah output. Gerbang ini akan menghasilkan nilai yang berlawanan dengan gerbang OR. Nilai output (X) dari gerbang NOR dapat digambarkan sebagai berikut.

rumus Gerbang Logika NOR (NOT OR)
Tabel kebenaran NOR dengan 2 masukan
Gerbang Logika NOR (NOT OR)

  • Gerbang Logika NAND

Gerbang NAND dapat menerima dua atau lebih input dan menghasilkan sebuah output. Gerbang ini akan menghasilkan nilai yang berlawanan dengan gerbang AND. Nilai output (X) dari gerbang NAND dapat digambarkan sebagai berikut.

rumus Gerbang Logika NAND
Tabel kebenaran NAND dengan 2 masukan
Gerbang Logika NAND

  • Gerbang Logika XNOR

Gerbang XNOR dapat menerima dua atau lebih input dan menghasilkan sebuah output. Gerbang ini akan menghasilkan nilai true apabila input yang dimasukkan memiliki nilai yang sama. Nilai output (X) dari gerbang XNOR dapat digambarkan sebagai berikut.

Gerbang Logika XNOR
Tabel kebenaran XNOR dengan 2 masukan

Gerbang Logika XNOR

Posting Komentar untuk "Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar"