Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahasa pemrograman.
Pada waktu akan menggambar suatu flowchart, analis sistem atau pemrogam dapat mengikuti pedoman-pedoman sebagai berikut.
- Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman.
- Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
- Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhirnya.
- Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata
- yang mewakili suatu pekerjaan.
Lima jenis bagan alir flowchart yaitu:
- Bagan alir sistem (system flowchart) : System flowchart merepresentasikan secara jelas urutan setiap prosedur yang terdapat pada sistem.
- Bagan alir dokumen (dokumen flowchart) : Document flowchart menjelaskan dan menggambarkan arah aliran data laporan dan formulir pada subprogram atau proses.
- Bagan alir skematik (schematic flowchart) : Bagan Alir Skematik (Schematic Flowchart)
Schematic flowchart mempunyai kesamaan dalam model dan aturan perancangannya dengan bagan alir sistem.
- Bagan alir program (program flowchart) : Program flowchart merupakan alur data yang menunjukkan cara sebuah program dimulai hingga program tersebut.
- Bagan alir proses (process flowchart) : Process flowchart merupakan jenis bagan yang sering digunakan dalam aliran proses pada teknik.
Simbol-simbol bagan yang digunakan pada flowchart :
|
Simbol-simbol Flowchart |
Bagan Alir Percabangan
- Percabangan Tunggal : Metode percabangan tunggal adalah seleksi yang dilakukan terhadap sebuah nilai kondisi, untuk menghasilkan keluaran tertentu.
Contoh :
|
Percabangan Tunggal |
- Percabangan Ganda : Konsep percabangan ganda adalah seleksi terhadap dua atau lebih nilai kondisi. TRUE and FALSE.
Contoh :
|
Percabangan Ganda |
- Percabangan Bersarang : Percabangan bersarang adalah proses seleksi yang dilakukan di dalam seleksi jika kondisinya bernilai TRUE.
Contoh :
|
Percabangan Bersarang |
Bagan Alir Perulangan
Bagan alir perulangan : Merupakan melakukan proses yang sama secara berulang-ulang hingga mencapai kondisi tertentu.
Dua bagian yang harus diperhatikan yaitu.
- Bagian ekspresi kondisi : Merupakan sebuah kondisi untuk menghasilkan sebuah nilai keluaran
bertipe data Boolean (true atau false) sebagai syarat dilakukannya
sebuah proses
- Bagian body perulangan : Merupakan bagian tempat proses kerja suatu program terjadi dan akan terus diulang hingga mencapai kondisi tertentu.
Terdapat tiga jenis perulangan yang dapat digunakan :
1. Perulangan for . . . do . . .
Salah satu jenis unconditional looping dengan jumlah perulangan yang telah didefinisikan pada awal deklarasi looping.
|
Perulangan For .. Do... |
2. Perulangan while. . . do . . .
Perulangan while . . . . do . . . . akan melakukan proses selama kondisi bernilai benar.
|
Perulangan While...Do... |
3. Perulangan reapet. . . untill. . .
Proses looping tersebut akan terus dilakukan selama kondisi bernilai FALSE dan akan berhenti jika kondisi bernilai TRUE.
|
Perulangan Reapet..Untill... |
Contoh melakukan analisis terhadap kerusakan berdasarkan bunyi beep yang dikeluarkan speaker.
- Lakukan identifikasi jenis BIOS komputer dengan membuka case komputer.
- Nyalakan komputer.
- Perhatikan bunyi beep.
- Jika komputer menggunakan AWARD BIOS dan menghasilkan bunyi beep panjang sebanyak 1 kali, kemungkinan terjadi masalah dengan memori (RAM).
- Jika komputer tidak menggunakan AWARD BIOS, analisis kerusakan memori dapat diabaikan.
Contoh bagan Flowchart untuk deteksi bunyi beep.
|
Flowchart untuk deteksi bunyi beep |
Posting Komentar untuk "Kaidah dan Simbol Flowchart"