Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis, Spesifikasi dan Fungsi Prosesor

Jenis, Spesifikasi dan Fungsi Prosesor
Spesifikasi dan Fungsi Prosesor

Processor yaitu perangkat komputer atau sebuah IC yang berfungsi sebagai otak dari komputer dan digunakan untuk mengontrol dari semua jalannya sebuah sistem komputer serta digunakan untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor sering juga disebut dengan nama otak komputer, karena perannya sangat penting didalam sistem komputer. Processor terletak pada motherboard dan harus memiliki socket yang sesuai dengan Processor, karena tidak semua Processor memiliki socket yang sama. contoh dari Processor yaitu Processor Intel, Processor AMD, Processor apple dan lain sebagainya.


Processor terdapat bagian bagian penting, berikut adalah penjelasannya.
  • ALU (Aritcmatics Logical Unit) : komponen ini berfungsi untuk melakukan semua perhitungan tentang aritmatika atau matematika yang sesuai dengan perintah program.
  • CU (Control Unit) : digunakan untuk mengatur lalu lintas data inputan dan data outputan.
  • MU (Memory Unit) : digunakan sebagai alat penyimpanan kecil dan memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

Fungsi dari Processor yaitu sebagai otak komputer yang berfungsi untuk mengontrol jalannya sistem dan menjalankan suatu printah, secara umum Processor dapat diartikan sebagai komponen komputer yang berfungsi untuk memproses data yang dinput dan akan menghasilkan outputan data yang telah diproses. Processor hanya mengenal bahasa mesin yaitu bilangan biner atau bilang 1 dan 0 saja.

Processor tidak bisa bekerja sendiri, contoh komponen lain yang terkait dalam kerja Processor yaitu RAM dan Harddisk. kecepatan dalam memproses data untuk dijadikan outptan tergantung dari kecepatan Processor yang digunakan. kecepatan Processor saat ini yang paling tinggi yaitu kecepatan 4 Gigahertz(GHz) atau dapat membaca 4000 milyar perintah dalam sekali Processor bekerja.

Instruksi Processor akan bekerja dengan cara melakukan tiga hal dasar yaitu Menggunakan ALU (aritcmetics logical unit) yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika dan menjalankan proses perintah program.
Setelah itu memindahkan data dari memory ke lokasi memori lain serta mengambil keputusan dan berpindah ke instruksi atau perintah yang lainnya sesuai dengan keputusan. inti dari cara kerja Processor yaitu menerima inputan dari mouse, keyboard atau yang lainnya lalu data tersebut diproses dan kemudian akan menghasilkan outputan data yang telah diproses.


Processor Intel
Jenis Processor intel merupakan Processor yang banyak digunakan saat ini, dan Processor intel dibuat oleh perusahaan Intel Corporation merupakan perusahaan multinasional yang berdiri pada tahun 1968 dan sekarang perusahaan Intel Corporation berada di Amerika Serikat. perusahaan ini memiliki produk Processor yang bermacam macam, berikut ini adalah Processor intel.

Processor AMD
Processor AMD dibuat oleh perusahaan Semikonduktor multinasional yang berada di California, Amerika Serikat. perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar setelah perusahaan Intel Corporation dalam memproduksi global mikroProcessor berdasarkan arsitekstur X86. perusahaan ini memiliki beberapa produk Processor.

Processor Apple
Processor Apple di buat oleh perusahaan Apple Inc yang tadinya bernama Apple Computer, Inc. perusahaan ini merupakan perusahaan multinasional yang berada di Silicon Valley, Cupertino, California yang memproduksi alat elektronik dan perangkat lunak komputer. perusahaan Apple Inc berdiri pada 1 April 1976 dan mengganti nama menjadi Apple Computer, Inc secara resmi. setelah itu sekarang diganti dengan nama yang terfokus pada Apple pada 9 Januari 2007.

Processor IBM
International Business Machines Corpporation (IBM) adalah sebuah perusahaan yang terletak di New York, Amerika Serikat, dan memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak dari komputer. perusahaan ini berdiri pada tanggal 16 Juni 1911 serta beroperasi dari 1888. ada beberapa produk yang dihasilkan dari perusahaan IBM.

Processor Cyrix VIA
Processor jenis ini di buat oleh perusahaan pengembang mikroProcessor yaitu Cyrix yang berdiri pada tahun1988 yang terletak di Richardson, Texas. kemudian pada 11 November 1997 Perusahaan ini bergabung dengan National Semiconduktor dan di akusisi oleh VIA pada tahun1999. ada beberapa Processor yang di buat oleh perusahaan ini, berikut ini adalah Processor dari perusahaan Cyrix.

Processor IDT
Integrated Device Technologi (IDT) merupakan sebuah perusahaan yang sedang berkembang dan memproduksi CPU dengan harga yang lebih murah. perusahaan ini berdiri pada tahun 1980 yang terletak di California, Amerika Serikat. perusahaan ini memproduksi winchip yang di perkenalkan pada bulan Mei 1997.

Materi Jenis, Spesifikasi dan Fungsi Prosesor Komputer dan Jaringan Dasar Semester 1
Sumber : http://www.kuncikomputer.com

1 komentar untuk "Jenis, Spesifikasi dan Fungsi Prosesor"

  1. Anonim12.58

    jenis spesifikasi dan fungsi prosessor

    BalasHapus