Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengidentifikasi Driver Perangkat Keras Komputer

 

Mengidentifikasi driver perangkat keras
Identifikasi Driver Perangkat Keras Komputer

Mengidentifikasi Driver Perangkat Keras Komputer

Semua perangkat keras komputer kita, mulai dari motherboard hingga webcam, membutuhkan driver berfungsi dengan benar. Berikut ini cara mengunduh driver perangkat resmi untuk perangkat keras komputer, apakah kita menggunakan Windows 10 atau 7.

Jika komputer dan perangkat yang terhubung berfungsi dengan baik, mungkin tidak perlu mengunduh driver. Ketika  menginstal Windows di komputer atau menghubungkan periferal ke komputer, Windows secara otomatis mengunduh dan menginstal driver yang sesuai. Produsen perangkat mengunggah pengandar resmi ini ke Pembaruan Windows sehingga Windows dapat menginstalnya secara otomatis. Setiap pembaruan penting disampaikan melalui Pembaruan Windows juga. Ini adalah cara paling aman untuk memperbarui driver komputer di Windows, karena mereka melakukan pengujian yang cukup ekstensif oleh Microsoft.

Windows Update memiliki lebih banyak driver pada Windows 10, jadi ini berfungsi lebih baik pada sistem Windows 10. Tetapi bahkan PC Windows 7 bisa mendapatkan banyak driver melalui Windows Update.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa tanpa adanya software driver, maka sistem operasi yang ada di komputer kita tidak akan pernah bisa menggunakan sumber daya perangkat keras yang terdapat pada komputer tersebut.

Karena software driver ini perannya sangat penting bagi kelangsungan kinerja komputer kita, biasanya para produsen selalu melengkapi produk-produknya dengan CD/DVD yang berisikan software driver komputer yang bersangkutan.

Kapan sih software driver ini diinstal? 

Biasanya setelah selesai melakukan installasi Windows, kita melakukan installasi driver guna mengoptimalkan kinerja perangkat keras yang ada. Ketika selesai proses installasi, tidak jarang software driver yang tidak terinstall. Bisa jadi itu hanya kelewatan saja, atau juga karena memang software tersebut tidak cocok dengan perangkat keras yang terpasang.

Dalam beberapa kasus, kita ingin mengunduh driver resmi langsung dari pabrikan, bukan Microsoft. Jika kita baru saja menginstal Windows di PC atau memasang periferal dan ada yang tidak berfungsi dengan baik, saatnya untuk mendapatkan driver resmi dari situs unduhan pabrikan. Jika kita memerlukan utilitas perangkat keras yang tidak termasuk dalam driver standar Windows-misalnya, touchpad atau driver mouse mungkin termasuk panel kontrol dengan pengaturan tambahan jika kita mendapatkannya dari pabrikan, itu juga alasan yang bagus untuk mendapatkannya dari pabrikan .

Alangkah baiknya menginstal driver grafis terbaru untuk sistem NVIDIA, AMD, atau perangkat keras grafis Intel pada komputer, jika kita memainkan game komputer. Driver yang tersedia dari pembaruan Windows cenderung lebih tua, yang berarti mereka tidak akan berfungsi dengan baik dengan permainan yang lebih baru. Driver Windows tidak memiliki alat yang berguna seperti NVIDIA GeForce Experience dan AMD ReLive yang kita dapatkan dari pabrikan. Alat-alat ini memungkinkan kita untuk mengoptimalkan gim, merekam, dan streaming gim, mengambil tangkapan layar, dan memperbarui driver grafis dengan mudah di masa mendatang.

Untuk melihat perangkat keras apa saja yang belum terinstall software driver-nya, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Cara Mengidentifikasi Perangkat Keras Komputer di Windows

Untuk membukanya di Windows 7, tekan Windows + R, ketik "devmgmt. msc" ke dalam kotak, lalu tekan Enter. Lihat daftar perangkat di jendela Device Manager untuk menemukan nama perangkat perangkat keras yang terhubung ke komputer. Nama-nama itu akan membantu kita menemukan driver mereka.

Cara mengidentifikasi secara manual pada Windows 7

Buka start menu, klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage.


Akan terbuka jendela baru Computer Management. Pada menu sebelah kiri, pilih Device management.


Akan terlihat jenis-jenis perangkat keras apa saja yang terpasang pada komputer kita. Pada perangkat yang belum terinstall drivernya, akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.



Cara Mengidentifikasi Perangkat Keras Pada Windows10

Untuk dapat menggunakan Device Manager untuk melihat perangkat keras yang terhubung ke PC Anda. Untuk membukanya di Windows 10, klik kanan tombol Start, dan kemudian pilih opsi "Device Manager". 

Lihat daftar perangkat di jendela Device Manager untuk menemukan nama perangkat perangkat keras yang terhubung ke komputer. Nama-nama itu akan membantu kita menemukan driver mereka.

Jika kita melihat "perangkat tidak dikenal", itu adalah perangkat yang tidak berfungsi dengan baik karena mereka tidak memiliki driver yang diinstal sama sekali. Kita sering dapat mengidentifikasi perangkat keras komputer yang tidak dikenal dengan melihat ID perangkat kerasnya.


Driver Resmi

Kita sarankan untuk mendapatkan driver kita langsung dari situs web resmi produsen perangkat keras.  Berikut daftar tempat resmi untuk mendapatkan driver:

Acer menyediakan driver untuk Aspire, Predator, TravelMate, dan PC lainnya, serta berbagai aksesori buatan Acer.

Pengguna Alienware bisa mendapatkan perangkat lunak driver dari situs web Dell, karena Dell memiliki merek Alienware.

AMD menawarkan unduhan driver untuk GPU Radeon serta AMD APU seperti Ryzen yang menyertakan grafis Radeon. Situs AMD juga menyediakan driver chipset yang mungkin Anda perlukan untuk motherboard dengan chipset AMD-dengan kata lain, jika sistem Anda memiliki CPU AMD.

Apple menyediakan perangkat lunak pendukung Boot Camp yang berisi driver Windows untuk Mac-nya, dengan asumsi Anda menjalankan Windows di Mac Anda melalui Boot Camp.

ASUS host driver untuk laptop dan PC desktop seperti jajaran produk ZenBook dan Republic of Gamers (ROG), serta perlengkapan bermerek ASUS lainnya.

Brother menawarkan berbagai driver untuk printer, mesin faks, dan pemindai.

Situs web Canon menyediakan driver untuk kamera digital, printer, dan pemindai.

Corsair membuat utilitas perangkat keras yang tersedia untuk mouse gaming, keyboard, dan headset.

Materi iklan menyediakan unduhan untuk perangkat keras Sound Blaster dan periferal lainnya.

Dell membuat driver untuk Inspiron, Latitude, XPS, dan perangkat keras PC lainnya yang tersedia secara online, serta driver untuk produk Dell lainnya yang mungkin Anda miliki.

Epson menawarkan unduhan untuk printer, pemindai, proyek, dan perangkat keras lainnya.

HP menyediakan driver untuk Pavilion, EliteBook, ProBook, Envy, Omen, dan jalur PC lainnya, serta printer HP dan produk lainnya.

Intel menawarkan pengunduhan driver untuk semuanya mulai dari grafis terintegrasi Intel hingga perangkat keras Wi-Fi, pengendali Ethernet, motherboard dengan chipset Intel, dan drive solid-state Intel. Anda mungkin harus melewati beberapa rintangan untuk menginstal driver grafis Intel terbaru jika pabrikan PC Anda mencoba menghentikan Anda.

Lenovo menghosting unduhan driver untuk ThinkPad, IdeaPad, Yoga, dan PC lainnya, selain aksesori Lenovo lainnya.

Situs web Logitech menawarkan unduhan untuk mouse, keyboard, webcam, dan periferal lainnya.

Microsoft menawarkan pengunduhan driver untuk produk seperti mouse dan keyboard Microsoft. Untuk perangkat Surface, Microsoft biasanya mendistribusikan driver hanya melalui Pemutakhiran Windows. Namun, unduhan pengandar Permukaan manual juga tersedia jika Anda benar-benar membutuhkannya.

MSI menyediakan unduhan untuk laptop, desktop, motherboard, kartu grafis, periferal game, dan produk lainnya.

NVIDIA menawarkan driver untuk perangkat keras grafis GeForce serta produk NVIDIA lainnya, seperti seri TITAN GPU-nya.

Razer menghosting unduhan perangkat lunak untuk Razer Synapse dan utilitas Razer Surround, yang dirancang untuk gaming mouse, keyboard, dan headset Razer.

Realtek membuat driver audio tersedia di situs webnya, meskipun Anda mungkin bisa mendapatkan driver audio definisi tinggi Realtek untuk PC Anda dari PC atau produsen motherboard Anda juga.

Pusat pengunduhan Samsung menawarkan driver untuk laptop dan desktop Windows serta setiap produk Samsung lainnya, termasuk Samsung solid-state drives.

Sony masih menyimpan unduhan pengandar untuk laptop VAIO yang dihentikan dan desktop serta berbagai aksesori buatan Sony.

SteelSeries menawarkan utilitas perangkat keras SteelSeries Engine untuk headset gaming, mouse, dan keyboard-nya.

Situs web Synaptics hanya menyarankan Anda mendapatkan driver touchpad Synaptics dari pabrikan laptop Anda daripada menggunakan driver generik. Pergilah ke halaman pembuatan laptop Anda.

Toshiba menghosting unduhan pengandar untuk komputer dan periferal lainnya.

Western Digital menyediakan firmware dan utilitas yang ditujukan untuk digunakan dengan drive penyimpanan Digital Barat.

Untuk merek lain, cukup kunjungi situs web resmi produsen dan cari halaman unduhan.

Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Driver Perangkat Keras Komputer"