Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melaksanakan K3LH Merakit Komputer

 

Melaksanakan K3LH Merakit Komputer

Melaksanakan SOP dan K3LH pada saat merakit komputer

Bab 1 : Menerapkan K3LH di Lingkungan Kerja

1. Memahami Alat Pelindung Saat Merakit Komputer


Salah satu penyebab utama kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja adalah kegagalan untuk mengindetikasi atau mengenali bahaya yang ada atau bahaya yang sebenarnya dapat dicegah ditempat kerja. Maka dari itu kita perlu melaksanakan k3lh merakit komputer.

Baju Bengkel

Saat bekerja dilapangan atau dilaboratorium komputer kita harus menggunakan alat-alat pelindung seperti baju APD atau baju bengkel.

Baju bengkel khususnya yang terbuat dari bahan tidak mudah terbakar tapi nyuntuk dipakai khususnya saat merakit komputer atau PC di lapangan atau di dalam ruangan laboratorium karena saat menyentuk komponen elektronika, disarankan menggunakan baju khusus bengkel dengan kemampuan anti aliran sengatan listrik.

Topi atau Alat Pelindung Kepala

Pada saat merakit komputer kita sering menyentuh benda atau pengkabelan yang dialiri arus listrik, baik itu dilapangan maupun di ruangan. Topi dalah salah satu alat pelindung diri yang berfungsi melindungi kepala atu rambut yang terurai agar tidak membahayakan saat menggunakan alat-alat saat perakitkomputer, contohnya menggunakan alat bor dan lain sebagainya.

Sepatu atau Sandal Karet Anti Selip

Kegiatan merakit komputer baik dilapangan maupun didalam ruangan kita juga sering menyumpai komponen yang dialiri arus listrik bahkan saat menyentuk komputer saatkta menyentuh komputer dengan kaki telanjang maka kita akan merasakan sengataliran listrik. Oleh sebab itu sandal atau sepatu sangat diperlukan saat bekerja merakit komputer dan wajib digunakan untuk menghindari dari bahaya sengatan listrik dan juga dapat terhindar dari bahaya terpeleset.


2. Tempat atau Meja Kerja Merakit Komputer


Saat merakit komputer usakan menggunakan meja saat bekerja, lakukan merakit komputer menggunakan alas meja yang memadai dan cukup lebar saatkita bekerja ditambah dengan penerangan yang baik. Jika sulit memenuhi kondisi yang ideal saat bekerja merakit komputdengan kondisi apaadanya, yang penting pastikan sudah menganalisa resiko apa yang akan terjadi saat melakukan merakit komputer.

3. Prosedur Merakit Komputer


Dalam merakit komputer, anda wajib mengikuti SOP yang sudah ditetapkan perusahaan (toko) agar hasil perakitan komputer sesuai harapan dan tidak terjadi kendala yang fatal dan berakibat pada kerugian materil dan non materil

  • Gunakan baju kerja khusus
  • Pakailah sepatu atau sandal karet
  • Pastikan ruang kerja cukup nyaman dan sejuk dengan sirkulasi udara memadai (kalau bisa di ruang ber AC) serta pencahayaan yang terang
  • Jika mengunakan obeng bor, pastikan rambut yang panjang terikat dan tertutup topi agar rambut tidak tertarik mesin bor
  • Siapkan semua alat kerja merakit pc pada posisi paling nyaman dan mudah terjangkau
  • Siapkan baut-baut dengan fungsi yang berbeda. Jika diperlukan, kotak baut diberi label nama fungsi baut. Misal, baut Hardisk, baut Casing, baut power supply. Kesalahan dalam memilih baut yang tepat dapat merusak drat sehingga komponen tidak terpasang kuat.
  • Gunakan sarung tangan karet atau gelang anti-statis saat memegang komponen sensitif seperti processor, memory atau chipset.
  • Jauhkan dari meja kerja benda-benda cair yang tidak tertutup rapat atau gelas berisi air agar saat merakit komputer aman dari tumpahan air.
  • Tangani komponen elektronika yang bersifat mekanik seperti hardisk atau DVDrom dengan baik karena sangat sensitif terhadap gerakan kasar, apalagi terbentur dengan keras, karena dapat merusak komponen internal dalam alat tersebut.
  • Pastikan Processor dan Memory terpasang diakhir perakitan salah satu tujuannya untuk menghindari kerusakan akibat listrik statis.
  • Lakukan cros cek semua komponen, jumper dan soket-soket, terutama soket power jangan sampai kendor apalagi terbalik (meski sekarang soket dibuat tidak mungkin terbalik) setelah itu boleh melakukan test (ujicoba).
  • Jika gagal dalam ujicoba pertama dan hendak melakukan analisa, pastikan power supply telah dimatikan, dan kabel power dicabut dari listrik.
  • Lakukan perapihan kabel dengan pengikat agar hasil merakit komputer terlihat estetika ketika hasil merakit komputer telah sesuai dan berhasil.
  • Setelah kegiatan merakit komputer selesai, rapihkan semua peralatan kembali ke tempat semula dan atur jangan sampai tertukar.
Unuk langkah-langkah Perakitan komputer ada contoh dibawah ini:

Posting Komentar untuk "Melaksanakan K3LH Merakit Komputer"