Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Lengkap Pembelajaran Merakit Komputer dan Instalasi Sistem Operasi

Modul Lengkap Pembelajaran Merakit Komputer dan Instalasi Sistem Operasi
Modul Lengkap Pembelajaran Merakit Komputer dan Instalasi Sistem Operasi

DESKRIPSI

Perakitan Komputer merupakan teori dan atau praktikum yang membahas tentang cara menentukan spesifikasi komputer, merakit/menginstalasi komponen dan peralatan komputer, pengesetan peralatan dan pengujian komputer PC dan peralatannya. Peralatan/Komponen pada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output. Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
  

Apa Itu Merakit Komputer  

Dalam merakit sebuah Komputer (PC), sebenarnya kita melakukan penggabungan beberapa komponen fisik yang nantinya akan saling mendukung dalam suatu kinerja proses komputasi. Komponen fisik ini lebih dikenal sebagai Perangkat Keras (Hardware).

Perangkat keras (Hardware) ini, sekarang sudah banyak dijual terpisah sehingga memungkinkan bagi kita untuk membuat / merakit komputer (PC) sesuai dengan keinginan kita. Perangkat keras ini tersedia dan dijual bebas dengan berbagai macam Merk Dagang.

Setiap merk dagang pun memiliki karakteristik masing-masing seperti performa kinerja (performance), kualitas bahan, jenis komponen, fitur yang dimiliki dan daya tahan komponen. Karakteristik inilah yang pada akhirnya menentukan HARGA yang biasanya berbanding dengan KUALITAS yang dimiliki setiap Merk.
 

Komponen Utama Komputer

Dalam merakit PC, beberapa perangkat keras (untuk selanjutnya kita sebut hardware) dapat kitagolongkan menjadi beberapa bagian, yaitu :
  1. Perangkat Proses, yaitu : Processor. Motherboard. Memory Module.
  2. Perangkat Display, yaitu : Graphics Adapter. Monitor.
  3. Perangkat Media Penyimpanan, yaitu : Hard Disk Drive. Floppy Disk Drive. Optical Drive (CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM, DVD-RW, DVD-combo).
  4. Perangkat Kendali Antar Muka, yaitu : Keyboard & Mouse.  
Hardware yang terbagi dalam beberapa golongan tersebut menjadi sebuah Komponen Utama dalam merakit sebuah PC.

Komponen lainnya yang sangat penting adalah Power Supply Unit (PSU) yang akan memberikan daya listrik terhadap komponen lainnya sehingga dapat bekerja dengan baik.

Hardware-hardware yang telah disebutkan tadi, dimasukkan kedalam sebuah kotak yang biasa disebut CASING. Casing ini bentuk dan warnanya beraneka ragam, biasanya bergantung pada model dan trend. Walaupun bentuk dan warnanya beraneka ragam, tetapi posisi dudukan hardware pada Casing ini semuanya sama, hal ini karena sudah merupakan standarisasi yang disepakati oleh produsen-produsen pembuat hardware PC ini.
 

Komponen Pelengkap Komputer

Ada beberapa hardware lain yang berfungsi untuk kelengkapan tambahan penggunaan sebuah PC, diantaranya adalah :
  • Speaker Active.
  • Printer dan Scanner.
  • WebCam dan JoyStick.
Kemudian ada juga perangkat tambahan untuk menambah fungsi PC menjadi lebih optimal sesuai dengan keinginan penggunanya, hardwaren tersebut diantaranya :
  • Sound Card.
  • Video-Editing Card.
  • Ethernet-Card atau LAN-card atau NIC (Network Interface Controller).
 Bagi anda yang ingin modul selengkapnya silahkan download disini.

Posting Komentar untuk "Modul Lengkap Pembelajaran Merakit Komputer dan Instalasi Sistem Operasi"