Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan Fungsi Peralatan Jaringan Wireless Access Point

Jenis dan Fungsi Peralatan Jaringan Wireless Access Point

Apa Access point itu?

Access Point adalah sebuah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN (Wireless Local Area Network). Access Point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN. Access Point sering disebut juga base station.

Access Point merupakan sebuah perangkat dari jaringan yang berisi transceiver dan juga antena yang berfungsi untuk transmisi dan menerima kiriman sinyal ke dan dari clients remote. Adanya access points (AP) clients wireless tersebut bisa dengan mudah dan cepat untuk menghubungkan pada jaringan LAN kabel dengan cara wireless atau tanpa kabel.

Atau bisa juga dikatakan sebagai alat yang memiliki fungsi untuk menyambungkan peralatan wireless pada sebuah jaringan berkabel (wired network) memakai wifi, bluetooth dan semisalnya. Wireless Access Point dipakai untuk menghasilkan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) atau juga untuk memperbesar jumlah cakupan jaringan wifi yang telah ada (menggunakan mode bridge).

Access Point berperan sebagai Hub/Switch yang akan bertindak sebagai penghubung antara jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel. Nantinya, di access point inilah koneksi data internet akan dipancarkan ataupun dikirim melalui gelombang radio. Sementara ukuran kekuatan sinyal juga akan mempengaruhi area coverage yang nantinya akan dijangkau. Seperti diketahui semakin besar kekuatan sinyal yang ada (ukurannya satuan dBm atau mW) maka akan semakin luas jangkauannya.

Dalam jaringan wireless tentu membutuhkan access point, dimana access point ini adalah sebuah alat yang menggunakan gelombang radio atau frekuensi, namun seiring dengan makin banyaknya access point yang dipakai, maka makin sulit seorang network administrator dalam me-manage jaringannya. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu network administrator dalam mengatur jaringannya / acess point – access pointnya.

Problem yang dihadapi dalam access point adalah perlunya pertimbangan faktor-faktor internal gedung, antara lain penetrasi dinding gedung, absorbsi gelombang radio ke furniture / peralatan kantor yang ada, serta adanya loss sehubungan dengan adanya banyak orang di sekitar area gedung.

Pengertian Access Point

  1. Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.
  2. Access point adalah adalah perangkat, seperti router nirkabel / wireless, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan.
  3. Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
  4. Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk membuat koneksi wireless pada sebuah jaringan.

Fungsi Access Point

Fungsi access point secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

Berikut ini beberapa  fungsi access point :
  1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
  2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
  3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
  4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel
Berikut ini beberapa isitilah yang berhubungan dengan Access Point:
  • Router

Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN ) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain. Syarat disebut suatu router adalah sedikitnya ada 2 interface LAN Card (ethernet) yang terpasang.

Router berfungsi sebagai sebuah alat penghubung di antara rangkaian yang berlainan. Semasa paket dihantar, router akan menjalankan beberapa proses penting antaranya ialah: membuat terjemahan protokol, mengemaskini jadual haluan, mengirim paket, membungkus paket dan membuka bungkusan paket. Selain itu juga router berperanan untuk menapis trafik dengan membenarkan paket tertentu sahaja. Ini membolehkannya bertindak sebagai alat pelindung ringkas bagi rangkaian anda.

  • Hub dan Switch
Hub dan Switch merupakan salah satu alat yang digunakan dalam membangun suatu jaringan komputer yang biasanya jaringan tersebut terdiri dari 2 atau lebih komputer. Biasanya alat ini digunakan dalam membangun jaringan LAN (Local Area Network). Topologi yang menggukan kedua device ini adalah topologi star. Berikut ini adalah penjelasan kedua alat tersebut.

#Hub

Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring menerjemahkan sesuatu, hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel. Cara kerja alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal paket data ke seluruh port pada hub sehingga paket data tersebut diterima oleh seluruh komputer yang berhubungan dengan hub tersebut kecuali computer yang mengirimkan. Sinyal yang dikirimkan tersebut diulang-ulang walaupun paket data telah diterima oleh komputer tujuan. Hal ini menyebabkan fungsi colossion lebih sering terjadi.

#Switch

Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer). Maksudnya, switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.

Jenis Access Point

  • Access Point Indoor

Access Point Indoor

  • Access Point Oudoor

Access Point Oudoor

  • Access Point Router

Access Point Router

Khusus jenis perangkat yang menghubungkan berbagai jenis perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan proses komunikasi antara jaringan nirkabel dan perangkat komunikasi nirkabel dengan bantuan teknologi nirkabel yang berbeda seperti WiFi, Bluetooth dan banyak berkaitan dengan teknologi tersebut. Hal ini biasa disebut sebagai WAP atau wireless access point. 

Wireless access point pada dasarnya dirancang untuk daerah terbuka dan jauh dari area internet akses, mereka dapat memanfaatkan kesempatan seperti menggunakan internet dengan kecepatan yang sangat tinggi dan berhubungan dengan orang lain demi peningkatan bisnis dengan cara terbaik . Wireless access point menggunakan teknologi sirkuit untuk menghubungkan komputer dengan jaringan wireless dengan bantuan router untuk melakukan komunikasi.

Posting Komentar untuk "Jenis dan Fungsi Peralatan Jaringan Wireless Access Point"