Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer

Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras pada komputer sering juga kita kenali dengan istilah “hardware”. Hardware merupakan komponen yang terdapat pada bagian fisik dalam komputer maupun diluar komputer yang dapat kita lihat menggunakan mata telanjang, disentuh, maupun dikenali jenis dan namanya.


Motherboard / Mainboard
Motherboard dalam bahasa indonesia disebut papan induk, merupakan elemen dasar di dalam sebuah komputer. Motherboard adalah tempat yang digunakan untuk menempatkan berbagai komponen disaat kita akan merakit suatu komputer. Moatherboard berisi sub-sistem yang penting seperti prosesor dan kawan – kawan.

Random Access Memory / RAM
Merupakan tempat menyimpan data dalam jangka pendek atau sementara. RAM akan membuat perangkat lunak yang sedang dijalankan kemudian akan menyimpannya untuk sementara waktu, sehingga saat komputer menjalankan tugasnya ia tidak perlu menari data dari harddisk untuk memperoleh data yang kita butuhkan. Besar atau kecil jumlah RAM akan mempengruhi krcrpstsn komputer. Jumlah Ram yang lebih besar akan mempercepat kinerja komputer.

Read Only Memory (ROM)
Read Only Memory adalah media penyimpanan data yang terdapat di bagian dalam komputer yang berguna untuk menyimpan informasi berupa data dalam jangka panjang atau bersifat permanen. Jadi apabila data telah tersimpan pada ROM maka ia tidak akan berubah, rusak ataupun hilang  walaupun aliran listrik terputus.

Accelerated Graphics Port (APG) / Video Graphic Array (VGA)
VGA atau APG ialah perangkat yang berfungsi untuk mendukung kekuatan grafis yang terdapat pada komputer dengan cara menampilkan visual pada komputer.

Processor
Prosesor juga dijuluki sebagai otak suatu komputer. Pasalnya prosesor memiliki tugas sebagai pengatur atau pengendali komputer yang didukung oleh komponen – kompoen lain. Prosesor merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol kinerja komputer secara menyeluruh.

Hard Disk
Perangkat yang satu ini merupakan sebuah perangkat yang meiliki fungsi sebagai penyimpan data sekunder di sebuah komputer.

CD-ROM / DVD-ROM
Ialah sebuah bagian dari hardware komputer yang memiliki tugas untuk membaca data yng terdapat didalam kepingan CD-R/DVD-R.

Selain perangkat keras yang terpasang di dalam casing sebuah komputer, juga terdapat perangkat keras diluar komputer yang memiliki fungsi tak kalah pentingnya dengan mereka yang ada di dalam.

Monitor
Disebut juga sebagai screen, juga display. Seara fisik bentuk dari monitor ini menyerupai televisi. Monitor adalah perangkat keras diluar casing komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar, video, ataupun informasi grafis yang dihasilkan dari olahan alat yang berupa kartu grafis atau VGA Card.

Mouse dan Keyboard
keyboard merupakan alat yang berfungsi untuk memasukkkan perintah berupa karakter maupun teks. Sedangkan mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan objek dan memberikan perintah kedalam suatu komputer. Seakarang telah tersedia berbagai bentuk, jenis, dan ukuran dari kedua alat tersebut, namun secara umum fungsinya sama saja yaitu berupa alat untuk memasukkan sebuah perintah.

Uninterruptable Power Supply (UPS)
UPS juga disebut sebagai baterai cadangan, karena UPS akan menyimpan cadangan sumber dayaa yang berupa listrik dan akan dapat digunakan ketika sumber listrik utama dalam keadaan padam.
Printer
Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mencetak hasil olahan komputer ke dalam media kertas, baik berupa teks, angka, maupun grafis yang telah diolah dari komputer.

Speaker
Speaker memiliki fungsi sebagai alat output atau keluaran berupa suara yang telah dihasilkan dari proses olah suatu komputer. Selain speaker, alat output berupa suara juga sering kita jumpai berupa headset/earphone yang sering digunakan banyak orang.

Selain berbagai perangkat keras yang telah diuraikan secara jelas di atas, tentunya masih banyak terdapat perangkat keras komputer lainnya yang akan mendukung sebuah kinerja dari komputer, namun apa yang yang telah terurai diatas merupakan perangkat yang paling umum dan pasti dimiliki oleh setiap orang yang mempunyai komputer.

Demikinalah materi bagian-bagian perangkat keras komputer
Mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Semester 1

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer"